Kolom Tausyiah


“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”  Q.S. Al-Ashr

“Kirimkan tausyiah anda disini……..”

Iklan

66 thoughts on “Kolom Tausyiah”

  1. “Katakanlah,Sesungguhnya aku diperintahkan agar menyembah Alloh dengan penuh ketaatan kepadaNya dalam (menjalankan) agama.” Q.S.Az-Zumar:11

    Dari Anas,Rasululloh SAW bersabda:”Alloh berfirman:”Wahai anak Adam, sesungguhnya sekiranya kamu datang kepadaKu dengan satu kantong tanah kesalahan-kesalahan, lalu kamu datang kepadaKu tanpa menyekutukan sesuatu pun denganKu, maka Aku benar-benar mendatangimu dengan satu kantong ampunan” (HR.Tirmidzi)

    1. Apakah shalat pardu tidak diwajibkan tepat di awal waktu ? Mengapa mayoritas muslim tidak tertarik sholat tepat di awal waktu ? Apakah kita tergolong orang yang menyembah Allah dengan penuh ketaatan menjalankan agama.. wallahu a’lam !

  2. Laa tahzan…
    karena:
    1. sesudah kesulitan ada kemudahan
    2. masih ada yang mencintaimu
    3. Allah bersama kita
    4. dst…
    Jadi, ga ada alasan untuk bersedih dan menyerah!

    1. koreksi dikit yaaaa…. bukan sesudah kesulitan ada kemudahan …….. tetapi bersama kesulitan terdapat kemudahan Q: 94.5 ………

  3. Assalamu’alaikum.
    Pak Ustad, saya ibu dengan jumlah anak 3, yang saya tanyakan bolehkah / bagaimana hukumnya kita ber-KB …?
    saya tidak siap untuk menambah anak lagi, karena saya takut tidak bisa mendidiknya. sekarang saya menggunakan KB IUD, bolehkah…?

    nama saya otty febrientie
    alamat Jl. RSU Gg Karyarasa 25 Tasikmalaya

    1. apakah seorang janda boleh menikah dengan wali, wali hakim? padahal dia masih mempunyai orang tua?
      apa hadist yang mengatakan orang-orang yang meninggal diajarkan dalam kubur?

      1. Assalammu’alaikum wr.wb.
        apakah seorang janda boleh menikah dengan wali, wali hakim? padahal dia masih mempunyai orang tua?
        aka hadist yang mengatakan orang2 yg meninggal diajarkan dlm kubur?

    2. apakah seorang janda boleh menikah dengan wali, wali hakim? padahal dia masih mempunyai orang tua?
      apa hadist yang mengatakan orang-orang yang meninggal diajarkan dalam kubur? saya ingin kepda saudara Abu Abid memberikan komentarnya…………………..???

  4. Berangkatlah kamu baik dengan rasa ringan maupun dengan rasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan jiwamu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. ( QS. At – Taubah : 41)

  5. Assalamualaikum wr wb.
    saya ingin meminta pendapat kepada pada ustad atau saudara admin , saya sorang kepala ruamh tanga yang sedang mengalami tuntutan cerai oleh stri .hal apa yang harus saya lakukan menurut pandangan islam .apakah saya menerima tuntutan istri atau saya mempertahan kan rt saya ,tp saya sudah kehabisan cara untuk membimmbing istri saya .saya monhon dengan sangat jawabanya ,
    sukron kasiron .
    assalamualaikum .

    Admin:Wa’alaikumussalam warohmatullohi wa barokaatuh
    Semoga mas arif selalu di jaga oleh Allah, dan dimudahkan segala urusannya baik dalam masalah dunia dan akhirat
    Sebelumnya saya minta maaf karena dalam masalah ini saya tidak terlalu banyak paham bagaimana seluk beluk kehidupan rumah tangga secara nyata 🙂 , karena saya sendiri belum mempraktekkannya. Ana sarankan mas, konsultasikan saja dengan ust2 salaf terdekat.

  6. Segala urusan seorang mu’min itu adalah baik.

    Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Shuhaib bn Sanan ra. telah berkata: Rasulullah saw. telah berkata : “Keta’juban untuk urusan seorang mu’min, sesungguhnya seluruh urusannya adalah baik, dan tidak adalah yang demikian itu kecuali bagi mu’min. Jika ia ditimpa kemudahan, dia bersyukur, maka hal itu baik baginya. Dan jika ia ditimpa kesulitan, dia bersabar, maka hal itu baik baginya.”

  7. Salah satu nasihat Rasulullah SAW kepada sahabatnya Abu Hurairah. Hai Abu Hurairah! adil sesaat itu lebih baik dari pada 60 tahun lamanya, yang malamnya diisi dengan shalat malam dan siangnya dengan ibadah puasa.

  8. ass pak ust saya mau punya tanya . jika saya punya hutang puasa karena menstruasi dan belum bayar puasanya karena sudah kelewat tahunnya . apa yang saya harus lakukan . terima kasih.


    maramis:

    Wa’alaykumussalam, maaf mbak saya bukan ustadz….tapi insyaAllah saya akan menjawab semampu saya…..

    Pada dasarnya mengganti puasa adalah dilakukan mulai tanggal 2 syawal, kecuali hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa, seperti waktu hari raya dan hari tasyrik. Namun waktu mengganti puasa tidak dibolehkan hingga melewati pada bulan Ramadhan pada tahun berikutnya. Dan dia berdosa jika melakukan hal tersebut tanpa adanya udzur atau karena sakit. Syaikh Utsaimin ketika ditanya tentang hukum menangguhkan qadla hingga tiba Ramadlan berikutnya, beliau menjawab:

    “Menurut para ulama, menangguhkan qadla Ramadlan hingga datang Ramadlan berikutnya tidak boleh. Aisyah berkata :

    “Aku punya kewajiban puasa Ramadlan hanya mampu dibayar pada bulan Sya’ban”.

    Hal ini menunjukkan bahwa setelah Ramadlan kedua tak ada keringanan lagi. Jika orang berbuat seperti itu, berdosalah ia dan wajib segera membayarnya setelah Ramadlan kedua. Tetapi dalam mengqadlanya ulama berselisih, apakah disamping itu ia wajib mengeluarkan makanan atau tidak .? Maka menurut pendapat yang mashur ia tak wajib mengeluarkannya berdasarkan firman Allah surat Al-Baqarah : 185”

    Namun jika misalnya ada udzur, misalnya karena sakit menahun, wanita menyusui, atau ada kasus bahwa wanita ingin mengganti puasanya di akhir-akhir bulan syaban dan belum selesai qodho’-nya ternyata dia menstruasi sampai memasuki bulan Ramadhan, maka dia tetap harus menggantinya di hari-hari bulan setelah Ramadhan sampai, insyaAllah tidak berdosa.

    Wallahu’alam

  9. assalamualaikum.

    saya ingin bertanya kepada admin atau siapapun yang mau menjawab pertanyan saya..saya kemarin jumat mendengarkan khotbah jumat, sang khotib mengatakan bahwa allah akan mengampuni dosa apapun asalkan kita memohon ampun..tetapi saya juga pernah membaca dalam sebuah artikel bahwa allah akan mengampuni dosa apapun kecuali syirik..apakah itu benar..andaikan saja ada seseorang yang melakukan syirik dan dia ingin bertaubat..apakah taubat orang itu akan diterima…?

    maramis: Wa’alaykumussalam….jawabnya bahwa benar Allah mengampuni dosa apapun kecuali syirik, yang di maksud adalah ketika syiriknya orang tersebut dilakukan sebelum meninggal dan dia belum sempat bertaubat. Adapun sekalipun syiriknya seberat apapun bahkan kafir, namun sebelum meninggal dia bertaubat dengan taubat nashuha, yaitu taubat dengan sebenar-benarnya taubat maka Allah akan mengampuni-Nya. Wallahu’alam

  10. Assalamualaikum…
    Pak Admin afwan saya mau nanya…bagaimana cara menegur akhwat2 yang berpenampilan seksi?

    maramis: wa’alaykumussalam
    Klo bisa jangan ditegur, tetapi dinasehati dengan baik-baik dan diusahakan dinasehati secara tertutup jangan terang-terangan didepan orang lain, contohnya bisa nasehat lewat sms yang berisi tentang kewajiban menutup aurot…..wallahu a’lam, semoga bisa menjawab.

  11. Assalamu’alaikum

    Salam Kenal kembali akh, dari kami Redaksi Buletin Al-Hujjah Lombok.

    Alhamdulillah Buletin al-Hujjah sebagai corong dakwah Salafiyyah Ahlussunnah wal Jama’ah di Lombok hadir kembali untuk menyemarakkan Ilmu Sunnah dan membumikan Dakwah Salafiyyah.

    Kali ini kami hadir di alamat situs baru yaitu di http://www.alhujjah.com.
    alhujjah.com adalah generasi baru anshorussunnah.cjb.net (Lombok-NTB) yang sudah lama tidak aktif -dikarenakan berbagai sebab dan hal-. Kami juga sempat hadir di wordpress, dan Alhamdulillah sekarang sudah bisa mandiri.
    Kami juga tetap hadir dalam format cetak aslinya (PDF) secara online.

    Silahkan antum kunjungi blog kami, download buletin online-nya, dan berpartisipasilah untuk menyebarkannya, jadilah engkau di garis depan dalam menolong Agama-Nya.

    Oya, kalau tidak keberatan antum bisa memasang link ke situs kami ( http://www.alhujjah.com ).

    Jazzakumullahu khairan
    Wasalamu’alaikum..

    maramis:
    Wa’alaykumussalam…
    Barokallahuliy wa lakum…..

  12. 😀

    piye akhi, melu dauroh bahasa arab liburan nanti…???

    maramis: ndak tahu nih, soale wes wayahe garap TA…..insyaAllah tak sempatin ikut walau ga ikut sampai selesai.

  13. NUmpang Info ya akh..
    Kajian Online USU – Medan Via YM….!!!

    Assalaamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh…
    Alhamdulillah dengan izin Allah akhirnya kajian rutin yang dilaksanakan di Kampus USU Medan bisa didengar secara online dimanapun antum/antunna berada dengan menggunakan vasilitas Yahoo Mesengger.

    Adapun kajian yang akan di on-line kan yaitu :
    Kajian Fiqh Nikah
    Direncanakan 4x pertemuan (Insya Allah akan dimulai 17 Januari dan jika telah selesai akan digantikan kajian :
    “Mengapa Memilih Manhaj Salaf”

    Setiap Hari Sabtu, pukul 16.30 wib (ba’da Ashar)
    Di Masjid Dakwah Pintu 3 USU
    Pemateri : Al-Ustadz Ali Nur -Hafidzohulloh-
    Cara Untuk Mendengarkan Kajian Rutin On-Line :
    1. Aktifkan Yahoo Mesengger antum/antunna
    2. Add kontak ID Kajian Rutin Online YM nya yakni : taklim_live_medan
    3. Ketika ketika acara akan dimulai antum/antunna akan diinvite oleh Kami
    4. Dilarang untuk chatt ketika kajian berlangsung
    5. Ruang chatt digunakan apabila sesi pertanyaan dilangsungkan

    Demikianlah info ini Kami sampaikan dengan harapan agar info ini disebarluaskan di seluruh penjuru nusantara ini.
    Mudah-mudahan Allah memberikan keistiqomahan kepada kita semua untuk terus menuntut ‘ilmu Syar’i
    Taufiqullohufiik

    nb : Kami dari Panitia Kajian Online mohon maaf kepada antum/anntunna yang pada minggu yang lalu tidak bisa mendengarkan kajian di ID YM “syabaabussunnah”
    Insya Allah mulai saat ini Kami akan menggunakan ID YM : taklim_live_medan

  14. Hasan al Bashri pernah mengatakan bahwa sesungguhnya kita ini hanyalah sekumpulan hari-hari yang mana bila telah berlalu hari tersebut maka seakan-akan telah hilanglah bagian dari hidup kita.
    maka karena oleh itu hendaknya kita senantiasa menggunakan hari-hari kita untuk melakukan hal-hal yang bermakna dan bermanfaat untuk menjelang kehidupan kita nanti di alam sana yang mana tidaklah bermanfaat lagi harta-harta kita dan anak-anak kita.

  15. assalamu’alaykum
    akhi..salam kenal. syukron atas kunjungannya kmrn.ana jg numpang download dan ngelink blog antum ya. (afwan,sbnrnya sih dah dr dl)
    barakallahu fiik.


    maramis:

    Wassalamu’alaykum….silahkan

  16. assalamualaikum.
    akhi, ana minta nasihat spy istiqomah gadhul basyar di internet. niat ana posting usaha ana, tapi mau gak mau hrs interaksi dengan skian user.
    syukron

    maramis: Wa’alaykumussalam

    Ini nasehat dari firman Allah azza wa jalla
    “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” “(An-Nur:30)

    Adapun untuk usaha atau bekerja zaman sekarang kita susah untuk terlepas dari interaksi dengan lawan jenis apalagi awam (yang terkadang tidak menutup aurot) maka seperti firman Allah, “Bertaqwalah kepada Allah semampu kalian” (at-Taghobun:16) dalam bermuamalah. Dan teruslah mengiringinya dengan amal sholih (yang ikhlas dan ittiba’) yang niscaya dapat menghapuskan dosa atau kejelekan kita….Nabi bersabda, “Ittaqillah haitsuma kunta, wa atbi’issayyiatal hasanata tamhuha….”, “Bertaqwalah kepada Allah dimana kamu saja berada, dan iringilah perbuatan yang buruk dengan yang baik niscaya dapat menghapuskannya…” (HR. at-Tirmidzi)

    “Semoga kita berdua dimudahkan oleh Allah dan istiqomah di atas sunnah dalam dunia yang kini penuh fitnah ini”
    Barokallahufik.

  17. Barangsiapa mendapati suatu fitnah maka padamkanlah dengan takwa…

    …salam buat ahlussunnah di mana pun berada, semoga Alloh memberi keistiqomahan kepada kita semua untuk meniti jalan kebenaran…

  18. Assalamu’alaykum mas Maramis,
    Mohon diijinkan untuk menyebarluaskan “Pesan Moral”nya ya.
    Jazakumullahu

    maramis: Wa’alaykumussalam……silahkan

  19. Assalamualaikum warohmatullohi wabarokaatuh
    akhi ana mau tanya mengenai hadits “MINUM DENGAN BERDIRI”

    Hadits yg Mmbolehkan;

    1. Dari Ibnu ‘Abbas ia berkata, “Saya pernah memberi minuman kepada Nabi saw dari sumur Zamzam, kemudian beliau meminumnya dengan berdiri.” (HR Bukhori dan Muslim)

    2. Dari An Nazzal bin Sabroh ia berkata bahwa ‘Ali bin Abi Tholib masuk k pintu gerbang masjid, kemudian minum sambil berdiri serta berkata,”Sesungguhnya saya pernah melihat Rosululloh berbuat sebagaimana apa yg kamu sekalian lihat saya perbuat ini (minum dengan berdiri).” (HR Bukhori)

    Hadits yg Mlarang

    1. Dari Anas bin Malik dari Rosululloh bahwasanya beliau melarang seseorang untuk minum dengan berdiri. Qotadah bertanya kepada Anas, “Bagaimana kalau makan?” Anas menjawab, “Kalau makan dengan berdiri itu lebih jelek dan lebih buruk.” (HR Muslim)

    2. Dari Abu Huroiroh berkata bahwa Rosululloh pernah bersabda, “Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kamu sekalian minum dengan berdiri. Barangsiapa yang terlupa maka hendaklah ia memuntahkannya.” (HR Muslim)

    pertanyaan ana, apakah kita diperbolehkan minum sambil berdiri? atau di sunnahkan minum sambil berdiri khusus untuk air zam-zam saja, selainnya tidak?

    jazakalloh atas jawabanya…

    Wassalamu’alaykum warohmatullohi wabarokaatuh

  20. Assalamu’alaikum ya Akhi….

    Subhanalloh, banyak sekali manfaat yg saya dapat,
    Semoga Alloh Swt. senantiasa meridhoi, tetap istiqomah ya akhi.

    Wa’alaykumussalam….amiin

  21. Assalamu’alaikum…

    Akhi, boleh minta sarannya..?
    gimana ya caranya kita supaya benar2 ikhlas terhadap satu keadaan yg ga kita inginkan.,padahal aku ngerasa sudah ikhlas, tapi kenapa masih ada sesuatu yg mengganjal..=(

    Jazakumullahu

    Wa’alaykumussalam
    Memang, ikhlas itu tidak mudah mbak, karena memang ini adalah masalah hati. Yang mampu kita usahakan adalah berusaha untuk menggapai keikhlasan tersebut. Untuk lebih lanjut silahkan mbak mendengarkan ceramah mp3 di blog ini dengan tema keikhlasan di Hakikat Ikhlas dan Ikhlas, Syarat Diterimanya Ibadah

    Semoga bermanfaat

  22. Ass.wr.wb
    Saya sangat suka dengan banner rokok anda mohon izin nempelkan di blog kajian :
    Rumah Sehat Islami

    Islam itu Indah
    Islam itu Mudah
    Islam itu Murah
    Islam itu Berkah

    Masihkah Anda sangsi ?
    Saya sengan sekali jika semua umat muslim ini kembali berjoang di keahlianya dengan tidak membedakan2 mahzab.

    Sedih rasanya capek rasanya jika yang kita kaji di tiap taklim hanya maslah qunut,yasinan dll.

    Sudahlah Rasul telah mengatakan bahwa semua itu adalah rahmat yang mesthi kita syukri bukan kita pungkiri.

    Mari kita berubah…saudaraku !!!
    Tunjukkan bahwa Islam itu Kaffah
    Tunjukkan bahwa Islam itu Rahmat

    Herannya setiap kita sedikit saja kita ” dikritik ” kita langsung meradang !!! Langsung Tendang ! Langsug ngacungin pedang !
    Wahhh ngeri !!!

    Mana Ibnu Sina abad kita ?
    Mana Ilmuwan kita ?
    Mana Jago panah kita ?
    Mana Ekonom muslim kita sekarang ?
    Ahh…….
    Benar kata yang saya hormati Prof Komarudin Hidayat.
    Islam sekarang jalan di tempat !!! Hanya ngurusi lebaran 2 harilah atau apalah…..
    Ehm….Ego….Ego………

    Inilah jalan kami saudaraku !
    Kami tidak peduli anda dari mana ……
    Jika Rukun Islam dan Rukun Iman sandaranmu…..
    Cukuplah itu bagi kami…….

    Kami akan mulai bergerak ……
    Mensyiarkan sunnah Rasul kita…….
    Subhanallah
    Islam itu SEMPURNA !!!

    Sahabat apa yang anda pikirkan sekarang ?
    Masih sibuk dengan poligami AA GYM
    Masih sibuk ngomongin Zainudin yang Politisi
    Masih sibuk ngomongin PKS ……
    Ah sudahlah…..
    Semuanya sudah ada yang menangani….

    Kenapa hanya itu saja kerjaan kita ?
    Yang benar saja……
    Yuk ……amalkan 1 keindahan islam setiap hari.
    Muhammad…..Ahh…..sungguh kami rindu padamu….

  23. Assalamu alaikum…

    Pesan

    Apabila kita telah terjerumus di lembah dosa, jangan pernah putus asa dari RAHMAT ALLAH !!!!, karna sebaik-bik orang yang bersalah segera memperbaiki dirinya dan tdk mengulangi lagi perbuatan dosa itu..

    Sebgai mana Firman ALLAH
    “Allah tidak akan mengampuni dosa menyekutukan ALLAH, tapi mengampuni dosa selainnya bagi siapa yang ALLAH kehendaki”

    kurang lebih begitu artinya ayat…

  24. Assalaamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh…

    Pak Admin saya ingin konsultasi,keluarga saya sedang terkena musibah ( teguran dr Allah SWT )
    kk saya sedang sakit kanker otak sdh dioperasi tgl 5 okt 09 sampai sekarang blm sadar juga,tp pd saat ibu saya menjenguknya kk saya mengeluarkan air mata dan menggerakkan kakinya seperti org menendang begitu jg jika yg lain menjenguknya kk saya menggerakan kakinya ,saya sdh tanya kpd dokter ktnya itu hanya respon dan tdk mendengar kita bicara apa itu benar?saya mohon petunjuk apa yg hrs saya & keluarga saya lakukan agar kk saya cepat sadar,adakah doa atau zikir-zikir untuk mendoakan kk saya agar cepat sadar dan sembuh dari penyakitnya? saya berharap bpk dapat membalas ke email saya dan jika boleh saya minta no tlp agar saya dpt konsultasi dgn bpk lewat tlp lebih afdol.Terima kasih atas perhatianya

    Wa’alaykumussalam warohmatulloh wa barokaatuh …

    Karena saya segan menjawab, maka pertanyaan Anda yang masuk telah saya tanyakan ke Ust. Sufyan bin Fuad Basweidan, Lc. Berikut Jawabannya…Semoga bermanfaat.

    jawab:

    Allah berfirman dlm al qur’an yg artinya:

    “Tidak ada suatu musibahpun yang menimpamu melainkan tersebab perbuatanmu, dan Allah (masih) memaafkan banyak kesalahanmu lainnya” (Asy Syura: 30).

    Berangkat dari sini, maka musibah yg menimpa antum bisa jadi karena dosa-dosa yg pernah antum lakukan, dan bisa juga semata-mata ujian dari Allah. Ala kulli haal, jalan keluarnya ialah perbanyak taubat, istighfar, dzikir, dan yang paling penting ialah pelihara tauhid Anda, karena tanpa tauhid hidup tidak ada artinya walaupun semua kenikmatan ada di tangan.

    Namun jika tauhid tetap terpelihara dan segala bentuk syirik telah kita singkirkan -dan ini perlu belajar-, maka semua musibah tidak akan mencelakakan, namun justeru mengangkat derajat kita di sisi Allah. Antum bisa berkaca kepada Nabi Ayyub ‘alaihissalaam, betapa pun beratnya ujian yang beliau terima toh beliau tetap memelihara tauhidnya kepada Allah, hingga akhirnya Allah ganti dengan kenikmatan dua kali lipat.

    Tentang dzikir-dzikir tertentu saya tidak tahu, tapi yang jelas antum bisa meruqyah kakak antum dengan membacakan Al Fatihah dgn khusyu’ lalu meniup-niupkan nafas antum di sela-selanya kepada ybs, dgn keyakinan bahwa Al Qur’an adalah obat, demikian pula dgn surat al ikhlas, al falaq, an naas, dan doa-doa lain yang dianjurkan Rasulullah untuk meruqyah orang sakit, antum bisa dapatkan di buku: Hisnul Muslim yang sudah diterjemahkan dan dicetak oleh beberapa penerebit, di antaranya: Pustaka At Tibyan, Solo. Demikian kira-kira nasehat saya, semoga bermanfaat… dan sekali lagi: Jaga tauhid anda selalu!

    Wassalaam.

  25. mau nanya.. kalo ada yg bilang terima kasih dengan ucapan “Jazakumullahu khairan katsiiraa” bagaimana kita menjawabnya??

    afwan masih awam.. ^_^

    Jawabannya adalah wa iyyakum

  26. assalamualaikum wr wb
    ust af1 akhir2 ini kita sering membincangkan bahkan sebagian orang berdebat masalah rokok (haram, makruh dsb) mohon penjelasan antum…..

    wa’alaykumussalam warohmatulloh wa barokaatuh
    rokok membawa madlorot terhadap kesehatan kita, ini udah kita ketahui semuanya. Dan Islam melarang hal-hal yang membawa madlorot bagi ummatnya. Oleh karena itu banyak diantara ulama yang mengharamkannya. Dan inilah pendapat yang insyaAllah lebih kuat.

    Adapun orang2 yang -memegang pendapat sebagian kecil ulama (yang tergelincir kesalahan) yang mengatakan makruh-, maka sangat aneh sekali jika mereka justru gemar merokok…karena udah jelas mereka meyakini hukumnya makruh alias perkara yang dibenci oleh Allah dan Rasulnya, tetapi mereka menganggapnya seolah-olah hukumnya boleh/mubah ????

    Jika seorang yang baik agamanya, pasti semaksimal mungkin akan menghindarkan diri dari hal2 yang makruh, karena meninggalkan yang makruh berarti adalah sunnah/mustahab.

    Wallahua’lam

  27. Assalmu’alaykum.Saya ingin bertanya “Apakah hukumnya kita memberikan uang kepada pengamen?” Mengapa saya bertanya hal ini karena saya pernah mendengar hadits yang intinya bahwasannya…”akan tiba masa ketika Khamar,Musik dan Zina dihalalkan”Mohon dijawab, apakah ada korelasinya dengan hadits tersebut….terimakasih….

  28. assalamu’alaikum ustad..

    saya kan klyh jauh dari orang tua..
    nah.. saya harus menuntut ilmu dg baik biar gak mengecewakan beliau..
    tapi saya juga harus mengisi rohani saya..
    permasalahannya :
    di sini banyak harakoh yang ada..
    saya sendiri masih yang biasa tampa terikat harokah..
    dan saya pun sedang mengkaji di salah satu harokah tertentu.
    pertanyaannya :
    1. bagimana kita mengetahui bahwa ajaran haraqoh tersebut sesuai dengan apa yang Allah perintahkan..
    2. sebenernya apakah kita harus terikat oleh harakoh tertentu??
    3. kata teman saya, (kebetulan salafy) berkata klo salafy bukan harakoh. krn setiap harakoh ada pendirinya, sedang salafy tidak.. dan setiap perkara yang diada2kan adalah bid’ah. maka harakoh termasuk..
    *nah bagimana saya harus bersikap?? trus kajian saya harus di hentikan atau gpp di teruskan?? dan klo salafy bukan harakoh.. salafy itu apa ya?? msh blm paham..
    4. bagimana pandangan akhi tentang kondisi umat islam saat kini.

    syukron.

  29. Aslm ustd, ane pernah dengar ceramah bahwa sholat wajib bisa di qhodo/diganti lain waktu karena sesuatu hal yaitu apabila kita sedang sibuk dan tidak ada waktu untuk melakukan sholat tersebut…hal tersebut apakah benar???…mohon info qur’an haditsnya.sukron

    1. Wa’alaykumussalam….
      Sholat tidak bisa diqodlo kecuali lupa….dan langsung dilaksanakan ketika ingatnya tersebut. Sebagaimana pula ketika berpuasa, maka lupa tidak membatalkannya.

      Adapun karena suatu hal yg lain maka tidak diperbolehkan diqodlo, bahkan dalam sejarah kenabian-pun ketika berperang tetap diadakan sholat berjamaah. Namun, agama ini telah memberi kemudahan atau keringanan ketika dalam safar/perjalanan dengan menjama’ dan atau mengqoshor. Dan ketika ada kebutuhan yg mendesak atau kesusahan dalam melaksanakan sholat wajib, yang mungkin seperti saudara tanyakan, maka solusinya adalah dengan dijama’ (digabung), tentunya dengan memperhatikan penggabungan waktu sholat yang disyariatkan…yaitu sholat Dzuhur 4 rakaat dg Ashar 4 rakaat…dan Maghrib 3 rakaat dg Isya’ 4 rakaat. Wallahu a’lam

  30. assalamu’alaykum,, afwan ustadz ana mau tanya.. taubat atas perbuatan zina di terima atau tidak,, sedangkan untuk khisosnya bagaimana dilakukannya di negara kita (siapa yang meng khisosnya).. jazaakallohu khoiron

    1. wa’alaykumussalam
      taubat atas segala dosa asal dilakukan dengan taubatan nashuha, atau taubat yang sebenar-benarnya maka Alloh akan mengampuninya, sekalipun perbuatan zina silahkan merujuk kepada artikel yang pernah kami posting,
      https://maramissetiawan.wordpress.com/2009/12/03/saatnya-bertaubat-dari-zina/
      Adapun tentang qishos, maka itu termasuk salah satu dari hudud Allah, yang memiliki kewenangan adalah penguasa negara/pemerintah, maka karena kita belum menganut yang demikian maka tidak boleh per-orang atau per-oknum melakukan hudud masing-masing.
      Barokallahufykum

  31. Assalamu’alaikum wr wb.

    Aye mw nanyak niee!
    Banyak umat sekarang lw salat pake niat, tp aye baca2 bahwa rosululloh SAW lw salat kgk pake niat.
    Jd aye bingung,
    Tl0ng jelasin ya tadz?

  32. as wr wb..maaf nih aku ilmu masih taraf belajar nih…saya baca artikel tentang Ya’juj dan Ma’juj….siapa si mereka…mohon penjelasannya wr wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sekedar berbagi pengetahuan

%d blogger menyukai ini: