Prolog


Assalamualaikum warohmatullohi wa barokaatuh.

اِنَّ الْحَمْد الِلّهِ ,نَحْمَدُ هُ ,وَ نَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ,وَنَعُوذُبِااللهِ مِنْ شُرُورِأَنْفُسِنَاوَ سَيِّئَََاتِ أَعْمَالِنَا.

Segala puji hanya bagi Allah, kami memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya, kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diri-diri kami dan kejelekan amal perbuatan kami.

مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَمُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَهَادِيَ لَهُ,وَأَشْهَدُ أَنْ لاَإِلَهَ إلاَّاللهُ وَحْدَهِ لاَشَرِيْكَ لَهُ,وَ أَشْهَدُأَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُولُهُ.

Barang siapa yang Allah beri petunjuk, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya, dan barang siapa yang Allah sesatkan, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk.

Aku bersaksi bahwaanya tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah saja, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya.

يَأَ يُّهَاالَّذِينَءَامَنُواْ اتَّقُواْاللهَ حَقَّ تُقاَتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّوَ أَ نتُمْ مُسْلِمُونَ

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam

يَأَ يُّهاَالنَّاسُ اتَّقُوارَبَّكُمُ الَّذِى خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَحِدَةِوَخَلَقَ مِنْهاَزَوْجَهاَوَبَثَّ مِنْهُمارِجَالاًكَثِيرًاوَنِسَآءً وَاتَّقُواللهَ الَّذِى تَسَآءَ لُو نَ بِهِ وَ لأَ رْحَامَ إِنَّ اللهَ كاَنَ عَلَيْكُمْ رَقِيباً

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang Telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan Mengawasi kamu. (An-Nisa’: 1)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيداً، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً عَظِيماً

Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amal-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar. (Al-ahzab: 70-71)

أَمَّابَعْدُ

فَإِنَّ خَيْرَالْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ,وَخَيْرَالْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَرَّالأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا,وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ,وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَ لَهٌ,وكُلَّ ضَلاَلَةٍفِي النَّارِ.

Amma Ba’du, Sesungguhnya sebenar-benar perkataan adalah Kitabullah (Al-Qur’an) dan sebaik-baik petunjuk Muhammad Shallahu ‘alaihi wa sallam (As-sunnah). Seburuk-buruk perkara adalah perkara yang diada-adakan (dalam agama) adalah bid’ah, setiap bid’ah adalah sesat, dan setiap kesesatan tempatnya di neraka.

Ikhwani wa Akhwati Fillah Azaniyallahu wa iyyakum………………..

InsyaAllah Blog pribadi saya ini merupakan salah satu bentuk dakwah Islam berdasarkan Al-Quran dan Assunnah ‘ala fahmi salaf (diatas pemahaman salaf), bukan mengklaim bahwa diri ini adalah ahlussunnah sejati, karena saya sendiri juga masih ‘anak ngaji kemarin sore’, melainkan ini adalah salah satu bentuk kewajiban seorang muslim untuk berdakwah walaupun satu ayat dari Nabi Shallahu ‘alaihi wa sallam. Selain itu diharapkan menjadi media mununtut ‘ilmu syar’i bagi saya sendiri khususnya dan bagi umat Islam pada Umumnya.

Tidaklah blog ini saya buat melainkan salah satunya sebagai wujud hadist Nabi Shallahu’alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim:

لاَيُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ ِلأَخِيهِ مَايُحِبُّ لِنَفْسِهِ

“Tidak (sempurna) beriman salah seorang dari kalian sehingga mencintai untuk saudaranya segala yang dicintainya untuk dirinya” (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Imam Ibnu Daqiq rahimahullah berkata:

Maksudnya, ia mencintai, untuk saudaranya, berupa ketaatan dan hal-hal yang mubah. Ini ditunjukkan oleh apa yang disebutkan dalam riwayat Nasa’i,

“Hingga ia mencintai untuk saudaranya berupa kebajikan apa yang disukainya untuk dirinya”

Selanjutnya beliau berkata:

Sebagian ulama mengatakan, dalam hadist ini dapat dipahami bahwa mukmin satu sama lain adalah seperti satu jiwa. Oleh karena itu, ia semestinya mencintai untuk saudaranya segala yang dicintainya untuk dirinya, karena keduanya adalah satu jiwa, sebagaimana disebutkan dalam hadist yang lain,

“Kaum mukminin itu seperti satu tubuh, jika satu anggota tubuh merasa sakit maka seluruh tubuh merasa demam dan tidak bisa tidur.” (Muttafaq alaih:Al-Bukhari, no. 6011; dan Muslim, no.2586, dari hadistan-Nu’man bin Basyir radhiyallahu’anhu)

Syiakh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah berkata:

Dilarang menyukai untuk saudaranya apa yang tidak disukainya untuk dirinya sendiri. Karena, dengan demikian, imannya akan berkurang, sampai-sampai Rasulullah Shallahu’alaihi wa sallam menafikan keimanan arinya. Suatu hal yang menunjukkan pentingnya seseorang mencintai, untuk saudara-saudaranya, segala yang dicintainya bagi dirinya sendiri.

Oleh karena itu…….harapan saya dengan adanya Blog pribadi ini menjadikan saya akan tetap istiqomah diatas Islam dengan pemahaman Ahlussunnah wal jama’ah (baca: Salaf) dan berusaha menyempurnakan keimanan saya ini dengan mendakwahkan apa yang saya cintai (manhaj salaf) kepada Anda semua –semoga Allah menjaga Anda-.

Blog ini insyaAllah akan menampilkan artikel-artikel yang bermanhaj salaf dengan tingkat bahasa yang mudah dicerna oleh umat Islam awam ataupun oleh ‘orang ngaji’ yang sudah lama. Selain itu di sini juga dilengkapi dengan fasilitas download E-Book atau Audio mp3 Ceramah.

Kritik dan saran atas muatan dari blog ini benar-benar saya harapkanan sebagai media perbaikan atau introspeksi.

Wassalamualaikum warohmatullohi wa barokaatuh.

Maramis Setiawan, Februari 2007

95 thoughts on “Prolog”

  1. Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Ahlan wa sahlan bika akhiy al-karim…
    Selamat datang wahai adikku yang mulia di dunia maya ini. Semoga bisa memberikan manfaat dan istiqomah di jalan dakwah salafiyah yang lurus ini.
    Jangan lupa terus tholabul ‘ilmi dan menjalin hubungan yang baik dengan ikhwah-2 lainnya. Sibukkan diri dengan belajar dan tholabul ‘ilmi. Syukur-2 kalo aktif ngaji di Ma’had Mahasiswa as-Sunnah.
    Barokallohu fiikum.

    _________
    maramis:
    Waalaikumsalam Wa rohmatullohi wa barokaatuh

    InsyaAllah Akhi……..Alhamdulillah ana juga ngaji di Ma’had mahasiswa As-Sunnah, bersama Ust. Ma’ruf Nur Salam, Ust Abdurrahman Thayyib, Ust Ridwan, Ust Chusnul.

  2. akhsan cucuku jayiid kajian donk di al ammin

    ___________
    maramis:
    InsyaAllah Akh….memang semester ini ana ada rencana ngaji disitu, tapi masalahnya kebanyakan disitu waktu ngajinya malam dan kuliah ana semester lalu juga sering malam walaupun reguler. Nanti ana liat jadwalnya, kalau nggak ada yang bentrok kuliah insyaAllah ikut.

  3. Assalaamu ‘alaikum warahmatullah….

    Waah, anak ITS juga ya…
    Klo anak TI berarti adik kelasnya Fauzan 03,
    Salam kenal dari saya…
    ___________
    maramis:
    Ya, InsyaAllah

  4. Assalamu ‘alaikum warahmatullah,

    Kami sangat senang dengan kehadiran blog antum. Kami telah memasukkan anda sebagai salah satu kontributor di aggregator kami. Untuk kemajuan da’wah selanjutnya, kami ingin menghubungi antum lebih lanjut.

    Terima kasih

  5. Assalamu’alaikum warahmatullah

    Semoga blog yang antum hadirkan bermanfaat bagi kita dalam memantapkan iman dan menambah wawasan keislaman. Dan teruslah maju mengemban da’wah ahlussunnah yang diberkati ini.

    Jazakallah khoiron

  6. Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
    Afwan. Q br mbuka’ kolom “about me”, n ternyata di sini disediakan kolom comment. Jazakallah atas referensi2 yang da di blog km. Insya Allah bermanfaat. Smoga jalan dakwah yg selama ini telah km rintis dan kedepannya nanti selalu mendapat ridha dan bimbingan dari Allah ‘Azza wa Jalla. Smangat,ya,Miz.

    ______________________
    maramis:
    Waalaikumsalam warohmatuhllohi wa barokaatuh
    Lebih afdhal lagi klo ngirim pesan seperti ini di ‘forum silaturahmi’ aja. barakallohufik

  7. akh,afwan kelihatannya akh pintar,aku blh nanya soal kiat-kiat menghadapi spmb gak?
    jazzakallah

    __________________________
    maramis:
    Boleh aja. Kiat-kiat itu simple, yang tidak lain dan bukan adalah belajar yang giat dan istiqomah dalam beribadah. Berdo’a kepada Allah untuk minta pilihan yang terbaik untuk anti, bukan minta pilihan yang anti inginkan. IsyaAllah anti tidak akan kecewa.

  8. assalamualaikum
    akh kalo saya mo ngirim artikel tapi bukan tentang salaf tapi tentang pemanfaatan limbah,boleh gak?????????mungkin ja dengan artikel ini para pembaca blog akh bisa berwirausaha.
    wassalamualaikum
    ________________
    maramis:
    Boleh saja tentunya dengan dimoderasi terlebih dahulu.

  9. Assalamu’alaikum..
    Ana sedang berusaha membuat blog juga.ana mengalami kesulitan dalam membuatnya.Ana ingin sekali membuat blog semenarik blog antum.bisakah memberikan ana tips atau cara-cara yang mudah…
    Semoga akhi ada waktu untuk membantu ana,,,
    Kalau bisa kirim ke email ana.
    Jazakallahu khairan katsira…

  10. Assalamualaikum. salam kenal cak Maramis. Semester kemaren pernah sekelas sama saya gak?
    ___________________________________
    maramis:
    waalaikumsalam pak, ternyata bapak juga punya blog yah. Dulu saya pernah di ajar sama bapak tapi cuma satu pertemuan, tepatnya saat kuliah el-mes.

  11. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

    Ana sedang mencoba membuat blog juga, tapi ana ada kesulitan dalam menampilkan banner-banner seperti yang terdapat didalam blog antum atau di blog Abu Salma. ana minta bantuan antum dalam menampilkan banner tersebut dan juga memberikan tips & trik yang lainnya. Jazakallahu khairan sebelumnya. Antum bisa kirim lewat e-mail ana atau isi buku tamu di blog ana.

    Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

  12. Assalamu’alaykum Warahmatulahi Wabarakaatuhu
    Salam kenal Akh…Ana ingin buat blog spt antum ato ikhwah lainnya, namun masih kesulitan cara membuatnya…Bolehkah antum sharing ilmu? Ato menunjukkan situs2 untuk membuat blog? via japri ya Akh? mudah2 antum ada waktu luang untuk sharing ilmunya..Jazakallah khair
    Wassalamu’alaykum Warahmatulahi Wabarakaatuhu
    __________________________
    maramis:
    Waalaikumsalam warohmatullohi wa barokaatuh

    Boleh,……afwan via japri ini maksudnya apa ya akh? afwan ana belum tahu.

  13. Assalamualaikum akhi Islam..ana senang kenal ma antum..insya Allah bila Allah izinkan kita akan jumpa..bila nga’..ntar ya di yaumil akhir..ana aneuk aceh “asli lho”..lahir taon 83 desember tanggal 23…tapi ana jarang aktif di dunia maya..tapi ana senang bisa kenal ma akh yg menjadikan manhaj rasul dan para sahabatnya sebagai jalan hidupnya..tapi ana sendiri masih lemah didalam menjalankkannya..ntar bila akh suatu hari main2 ke aceh hub ana..alamat JL T Iskandar lr mawar no 56 uleekareng lamglumpang banda aceh…ana senang kenalan dengan orang..or mail ane…www.auliasalafy_aceh@yahoo.com…& doain ana biar siap untuk cepat nikah ntar umur 25 taon untuk menjaga diri & agama ane ya…wasalam…Barakallahufikum untuk akh

  14. Jazakallah khair Akh..antum me-reply message ana
    Via japri maksudnya, antum kalo ada waktu longgar bisa sharing ilmunya lewat email pribadi ana spt yg tercantum diatas, tidak di forum ini..
    Oh iya…ana jg termasuk alumnus ITS 94..
    Sebelum dan sesudahnya ana ucapkan jazakallah khair

  15. Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..
    Afwan ana mau tanya bagaimana cara tuk dengerin radio via yahoo messenger… terutama saat mendengarkan siarannya… apakah via pc speaker bisa? maklum masih gaptek…
    syukron
    Semoga Allah Subhanahu Wata’ala selalu melimpahkan keberkahan-Nya kepada antum…
    ______________________
    maramis:
    Afwan akh….Yang ditanya sama belum mengertinya dengan yang bertanya. Ana juga belum pernah mencobanya,mungkin ada ikhwan yang mau membantu?

  16. assalamu’alaikum wr wb…
    wah antum orang tuban juga yah…??
    salut subhanallah dengan umur yang masih muda tapi ilmu udah tinggi…ga kayak ana yang baru mengenal manhaj ini..gimana dakwah salaf di kampung kita…??
    mohon do’a agar ana tetep istiqomah yah..
    wassalamu’alaikum wr wb….
    ____________________________________
    maramis:

    ibnu_sabil berkata:
    salut subhanallah dengan umur yang masih muda tapi ilmu udah tinggi…ga kayak ana yang baru mengenal manhaj ini..gimana dakwah salaf di kampung kita…??

    Allahumma laa tuakhidzni bimaa ya quulun waghfirli ma laa ya’lamun waj’alni khoirom mimma ya dzunnun
    (Ini adalah doa’a ketika kita dipuji orang lain, artinya: Ya Allah janganlah Engkau menyiksaku atas apa yang mereka katakan, ampunilah aku dari apa yang mereka tidak ketahui dan jadikanlah aku yang lebih baik dari yang mereka sangka.)
    Afwan, akh…ana juga baru belajar……perjalanan masih panjang

    Antum sekarang domisili dimana? Di tuban sudah ada Ust. Salafiyyin yang berdakwah disana, namanya Ust. Masruhin, Lc. Jadwal dan tempatnya bisa antum lihat di halaman jadwal kajian.

  17. Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh…
    akhi…blognya bagus…ana sering mampir kesini dan baca2nya
    juga download file2 uploadnya…
    akhi…afwan ya beberapa artikel2nya ana posting juga di blog ana…semoga dakhwa kita menjadi dakwah yang di ridhoiNYA….Amien
    jazakallah khoir sebelumnya
    Wassalammu’alaykum warahmatulahi wabarakatuh

  18. allahu’akbar!!!
    greet. it’s so greet! dalam usia yg 2 tahun lebih muda dari sy antum sudah menemukan islam begitu dalam dan menakjubkan…
    ana tercengang melihat biodata antum yg baru lahir di tahun 1988. kenapa ana yg lahir di tahun 1986 (2tahun lebih tua) sampai saat ini masih kepayahan mencari jawaban untuk pertanyaan pertanyaan…
    tp satu hal, dan af1 sebelumnya. dari sekian banyak bermunculan aliran islam di dunia ini, pernahkah antum menemukan dan mempelajari metode’ islam selain ‘salafiah?

    moga suatu saat allah mempertemukan…
    wassalam’mualaikum.
    _______________________________________________________
    maramis:

    Salam kenal akhi………….

    Nuryadin berkta:
    pernahkah antum menemukan dan mempelajari metode’ islam selain ‘salafiah?

    Pernah…..tapi singkat kata “Manhaj Salaf” is the best di antara yang lainnya, dan insyaAllah jika seorang muslim itu masih berada di atas fitroh yang murni (menerima kebenaran berdasarkan Al-Quran dan Sunnah di atas pemahaman Salafus Shalih), pasti akan menerima dengan mudah dakwah salafiyah.

    Barokallahufik

  19. assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.. sungguh dari komentar yang ana baca ternyata kegigihan dan kesemangatan anta dalam berdakwah via dunia maya ini walhamdulillah mendapat banyak sambutan hangat.. terlebih di usia anta yang sangat muda dan haus akan ilmu tentunya nanti -insya Alloh, biidznillah- dapat menjadikan blog anta sebagai salah satu pembawa panji dakwah salafiyah di dunia maya… allohumma yassir yaa akhiy..

    nb: salam buat al akh rikhal yaa, lama ana tak bersua dengan dirinya…katakan padanya yaa akhiy tuk tetap sabar dan istiqomah

  20. Assalaamu’alaikum warohmatullohi wabarokaatuh

    mo nanya dong…? Kok MP3 kajiannya ga bisa didonlot ya?? Apakah harus bikin blog di wordpress dulu trus login, trus baru bisa donlot???
    ______________________________

    Maramis:
    Waalaikumsalam wa rohmatullohi wa barokaatuh
    KAjian yang mana ya….?

  21. assalammu’alaikum.wr wb.
    Salam ta’aruf.
    Rasa bangga kita terhadap manhaj ini jadikan pemicu untuk terus gigih tholabul’ilmi. Sebatas bangga pada manhajnya saja akan menjadi celah pendengki merusak web yang diberkahi ini insyaAllah.

  22. Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wa barakatuh,
    Salam kenal dari ana, Abu ‘Umair dari Pati.
    Sedikit saran aja, mending avatar mahluq hidup yang ada di komentar didelete aja, akh. Biar Syar’i.
    Boleh barter Link?

    Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wa barakatuh

    Abu ‘Umair

    Admin:
    Wassalamualaikum wa rohmatullohi wa barokaatuh

    Afwan,mau ana sih begitu, tapi ana belum tahu caranya akh…mungkin ada yang bisa bantu?
    Boleh barter link.

  23. Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Senang sekali nemu situs antum, walhamdulillah bagus. Semoga Allah memberikan istiqomah dan kemudahan dalam mengelola dan mengupdatenya, amiin.

    Situs antum telah kami daftarkan ke dalam kumpulan situs sunnah untuk menambah manfaat kepada kaum muslimin. Jika kurang berkenan, silahkan hubungi kami.

    Pengurus Assunnah.web.id

  24. assalaamu’alaikum
    mas gimana caranya masukin rekaman ceramah di blog ana ya? ajarin donk…jazakallahu khoir

    Admin: Wa’alaikumsalam. Caranya antum upload file2 ceramah ke uploader2 yang tersedia, cari yang gratisan aja. misalnya, esnips.com, indoupload.net, 4shared.com, dsb. lalu link downloadnya di copy ke blog antum.

  25. Assalamualaikum wr wb, .

    baru tahu kalo maramis punya ‘aktifitas religius’ yang bikin saya kagum, . .sesuatu yang belum pernah saya tahu sebelumnya, . .salut.

    sepertinya saya bisa belajar banyak dari maramis🙂

    wassalam.
    anggi indra pamungkas

  26. Assalamu ‘alaikum,
    Akh silahkan kalau mau di copy dan disebarluaskan tulisannya. Ana nyalin dari makalah bukan dari buku…

    Abu Umair

  27. Assalamu’alaykum

    Baarokalloohufiik. Setelah sekian lama sering buka2 blog antum dan mengambil banyak manfaat, baru kali ini ana bisa isi buku tamu, ato lebih tepatnya komentar aja. salam kenal akhi. dari jogja.

  28. assalaamu’alaikum
    akh, tukeran link donk…
    oya, gimana sich biar kita bisa upload file audio?? gw pengen banget masukin file kajian di blog..
    bantuin ana ya akhi….
    antum masih kuliah? ato dah kerja? dimana?

  29. Assalamu ‘alaikum

    kaifa hal?
    lets Keep Fight,
    Never give up
    and Always try to be better
    atas ana… temen didit.
    ana temen sak kamar… he3X

    Wassalamu ‘alaikum

    ~abu yusuf~

  30. assalamua’laikum warohmatullahi…

    akhi….semoga alloh merahmati akhi…mohon program murottalnya diprogram jadi winamp ya seperti rokaidz da’wahnya ust.zainal abidin biar bisa disetel di komputerr….ok
    “hai orang-orang yang beriman , jika kamu menolong agama Alloh, niscaya DIA akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”(QS.Muhammad : 7)
    syukron jazakallah khairon katsiero …ya akhi….

  31. Assalamualaikum warohmatulloh…

    kaifa haluki ya akhi?

    akhi….semoga Alloh merahmati akhi…mohon direkam lewat audio program winamp ttg pembahasan kitab ad dawwa addawa-nya ust.Badru salam ….ana sangat berkesan dgn penguraiaan dari penjelasan beliau di radio rodja

    Akhi…syukron jazakallah khairon katsiero

  32. assalamu’alaikum…

    blog antum bagus ya,terutama isinya.
    saya masih kemarin bikin blog, semoga kelak menjadi manfaat.
    barakallahu….

  33. assalamu’alikum…

    afwan ada lagi.
    blog antum saya link_kan di blog saya.
    belum sempat ijin ke antum.
    mohon di ikhlaskan…..😀

    jazakallah khair…

  34. assalamu’alaikum
    alhamdulillah…temu llagi dengan ikhwah seperjuangan,…
    akhi..mari kita junjung harkat Islam tuk gapai ridlo ilahi…
    izin ngelink, boleh kah????
    syukron ‘alal ihtimaam

    maramis:wa’alaykumussalam, silahkan

  35. sering denger nama ini “maramis setiawan”
    kirain orangnya udah bapak2…pas liat blognya makin yakin kalau pemiliknya pasti bapak2!.eh,,,pas baca biodatanya nda taunya…sepantaran….
    subhanallah…
    oia ana minta bannernya coz petualang baru dunia maya yang masih cupu ini di blognya cuma ada banner musafir kecil. sekalian bwt nemenin banner belio. hi..hi..banner org tuban semua donk yak?!

    maramis: ada-ada aja ini sampeyan mas….mana alamat blognya mas?

  36. Assalamu’alaykum….

    Afwan baru bisa mampir & Afwan juga cz dah copy banner rokok nya ga bilang2 cz mang ga sadar kao itu punya antum bis da dimana2 sich. He..he..

    Oiya, jazakallah Khoir dah sudi mampir di blog baru yg masih acak kadut

  37. Assalamu’alikum Wr.Wb
    Barokallahu ya akhi ..
    Salam kenal, dari saudaramu di jakarta


    maramis:
    wa’alaykumussalam wa rohmatullohi wa barokaatuh
    salam kenal juga

  38. Assalamualaikum,
    Subhanallah, dengan se usia antum yang muda, sudah bisa memberikan dakwah melalui blog sesuai dengan ahlul sunnah …
    Kalau bisa buat sekalian …dan posting di U TUBE .., ana pernah lihat salah satunya dari anak muda muslim amerika …. kalau tidak salah coba search ummah film …
    Ayoo .. maju teruss …
    Sayangnya saya ada di jakarta…. kalau boleh tau alamat antum dimana di japri saja

    Wasalamu’alaikum

    maramis: wa’alaykumussalam
    Allahumma laa tu’akhidzniy bima yaquluun waghfirliiy maa laa ya’lamuun waj’alniy khoiro mimma yadzunnun
    Allahumma laa tana hanya berusaha berdakwah semampu ana….semoga kita semua sebagai kaum muslimin dimudahkan oleh Allah berdakwah yang menyeru kepada al-Quran dan al-Hadist sesuai pemahaman para ulama salaf.
    Kalau ingin japri lewat YM aja….ID-nya ada di sidebar sebelah kiri

  39. assalamua’alaykum warohmatulloh wabarokatuh

    saya seorang awam yang sedang mempelajari Islam.
    saya mencari buku Islam gratis, baik bahasa indonesia, arab atau inggris.
    bila antum bisa membantu saya, itu akan sangat berharga sekali.

    jazaakalloh khoiron…

    wa’alaykumussalam warohmatulloh wabarokatuh

  40. Assalamu’alaykum

    afwan akh, ijin Fatwa MUI nya ana download untuk diposting di blog ana

    Jazakallah khoiron

    Wa’alaykumussalam
    Silahkan ukhtiy…Barokallahufik

  41. Assalamu’alaykum warahmatullah
    Izin mengcopy pesan moralnya ya.
    Jazakallahu khair.

    Wa’alaykumussalam warohmatulloh…
    Silahkan. Barokallahufik

  42. Assalamu’alaikum wa rahamtullahi wa barakatuh..

    ‘afwan, izin kopi artikel2 nya ya..

    jazakallah khoir..

    Wa’alaykumussalam warohmatulloh wa barokaatuh
    Silahkan Ukhtiy

  43. assalamualaikum

    sekedar masukan saja baiknya link berita dari kompas.com utk ditiadakan krn sering isinya tidak benar dan seakan-akan blog ini ikut menyebarkan beritanya seperti berita tentang pameran patung yg saya lihat hari ini ada link-nya di blog ini.

  44. Kerenz… walau Islam ane masih cetek tp ne blog bagus.. he he, linknya boleh ane pasang di blog ane ga ya gan? biar ane, istri, dan pengunjung blog ane bisa ngaji di sini.. lo boleh konfirm ke email ane yuyun.afnan@gmail.com, sebelumya trims, jazakallah khairan katsira, matur nuwun…

  45. Loh ini web nya mas maramis to… hehehe… salam kenal mas, ini sukma TI 07, saya dulu di MSI, td lgi browsing2 kajian salaf, nyasar kesini. 🙂
    sukses buat kita semua. amin

  46. loh ini mas maramis TI 05 bukan ya… salam kenal mas, saya sukma TI 07, saya dulu di MSI. td lg browsing2 kajian disasarkan kesini.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sekedar berbagi pengetahuan

%d blogger menyukai ini: