transaksi-jual-beli-nelayan-di-batam-gunakan-dolar-singapura

Faidah-Faidah Tentang Fiqih Jual Beli: Jual Beli Amanah


Faidah-Faidah Tentang Fiqih Jual Beli: Jual Beli Amanah*)

Diantara macam-macam jual beli ditinjau dari penetapan harga barang adalah:

>> Jual Beli Amanah:

    • Jenis jual beli ini adalah jual beli atas suatu barang dengan disebutkan harga modal/pokok barangnya. Dinamakan jual beli amanah karena si penjual dipercaya oleh pembeli dengan sebab menyebutkan harga modalnya tersebut.
    • Jual beli amanah ini dibagi menjadi 3 macam: Murabahah, Tauliyyah, dan Wadli’ah
    • [1] Jual beli Murabahah, yaitu si penjual menyebutkan harga pokoknya dan menjualnya dengan tambahan, penjual mengatakan kepada pembeli “Barang ini modalnya sekian, dan saya akan menjual sekian”. Yaitu dijual dengan menambah dari harga pokoknya.
    • Istilah Murabahah sering disebut pula dalam istilah perbankan, dan pengertian Murabahah disini berbeda dengan Murabahah dalam istilah perbankan. Murabahah dalam pengertian jual beli amanah ini diperbolehkan. Adapun istilah Murabahah dalam istilah perbankan tidak diperbolehkan.

  • [2] Jual beli Tauliyyah, yaitu seorang penjual menyebutkan harga pokoknya dan dijual dengan harga pokoknya tersebut, tanpa ada penambahan/keuntungan dan tanpa ada pengurangan/kerugian.
  • Salah satu contoh jual beli ini adalah ketika sebuah toko atau grosir melakukan cuci gudang, dengan disebutkan nominal harga modal dan harga jual.
  • Kembali lagi bahwa jual beli ini harus amanah, tidak boleh ada penipuan dalam menyebutkan harga pokok. Jika memang tidak ingin demikian, maka lebih baik tidak perlu disebutkan harga pokok di tag price. Cukup disebutkan “Diskon besar-besaran“, “Dijual murah“, atau kata-kata semisalnya.
  • [3]. Jual beli Wadli’ah,  disebut juga jual beli Khosaroh, Naqishah atau Mahathoh. Yaitu seorang penjual telah menyebutkan harga pokoknya kemudian dia menjualnya dengan harga yang kurang dari harga modalnya (jual rugi).
  • Contohnya serupa dengan jenis jual beli amanah yang kedua dengan skema penjualan dengan harga yang lebih rendah dari harga pokok (jual rugi).
  • Pokok dari jenis jual beli amanah adalah kepercayaan pembeli kepada penjual yang telah menyebutkan harga modal. Sehingga penjual diwajibkan amanah dan jujur dalam menyebutkan harga modal atau harga pokok.
  • Tawar menawar/ negosiasi dalam jual beli ini terletak pada nilai harga tambahnya, atau besar keuntungan dari penjual.

>> Jual beli dengan Angka

  • Yaitu, Jual beli atas barang yang harganya telah tertera di barang tersebut. Jual beli ini diperbolehkan karena harga tersebut telah diketahui oleh masing-masing penjual dan pembeli saat melakukan jual beli.
  • Jual beli akadnya tidak harus diungkapkan secara lisan, dan patokan jual beli adalah adanya saling ridho antara penjual dan pembeli.
  • Contoh jual beli dengan angka ini adalah seperti dalam minimarket atau supermarket.
  • Ketidakjujuran dalam jual beli, misalnya ketidakjujuran atau menipu dalam masalah price tag, maka itu merupakan awal dari kebangkrutan dan hasil berupa harta yang didapatkan tidak akan barokah

>> Jual beli dengan Patungan

  • Yaitu, jual beli dengan Patungan dalam membeli suatu barang
    Yaitu jika ada seseorang membeli suatu barang dan kemudian menyertakan orang lain dalam pembelian barang tersebut. Dalam jual beli ini akad harus ditetapkan di depan tentang bagian kepemilikannya yang biasanya berdasarkan proporsi patungannya.
  • Dalam transaksi apapun, akad harus jelas dan dipertegas di depan. Misalnya dalam hutang piutang, haruslah dipertegas diawal kapan akan dilunasi dan ditulis atau dengan adanya saksi.

*) Ini adalah faidah-faidah yang bisa kami catat dalam pengajian Fiqih Muamalah yang disampaikan oleh ustadz Ahmad Sabiq, Lc yang diselenggarakan di Masjid Daarut Tauhud  (Perumdin Semen Indonesia), Gresik pada tanggal 11 Mei 2016. Pengajian dengan tema ini diselenggarakan setiap Rabu minggu kedua dan keempat.

DOWNLOAD

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s