Video Ceramah: Tafsir Surat al-Ashr (2): Tafsir Ayat 1


Disampaikan oleh Ust. Abdullah Zaen, Lc, MA

Faidah yang bisa dipetik:

1. Nama lain dari surat al-ashr adalah wal-ashri, ini sekaligus tambahan dari pertemuan sebelumnya yang hanya menyebutkan satu nama.

2. Allah mengawali surat ini dengan sumpah, yang menunjukkan bahwa apa yang akan disebutkan setelah sumpah ini merupakan suatu hal yang sangat penting yang harus diperhatikan dan diyakini.

3. Ada beberapa pendapat mengenai arti al-ashr yang dibagi oleh Imam Ibnu Qoyyim menjadi 3 (tiga):

1). Maksudnya adalah masa, waktu atau zaman

2). Maksudnya adalah waktu sore atau petang, yaitu yang dimulai dari matahari tergelincir (setelah dzuhur) sampai dengan matahari terbenam, sebagaimana definisi para ulama tentang waktu ashr.

3). Maksudnya adalah sholat Ashar.

Menurut Imam at-Thobari yang paling kuat adalah definisi yang pertama yaitu masa, waktu, atau zaman karena arti tersebut luas cakupannya. Dan ini juga dipilih oleh kebanyakan ulama tafsir.

4. Dalam ayat ini Allah bersumpah “demi masa”, ini adalah hak atau kekhususan Allah untuk bersumpah terhadap apa saja dari makhluknya dan atas sekehendaknya. Dan Allah tidak boleh ditanya atas apa yang Dia lakukan, sebagaimana firman Allah…

لاَ يُسْأَلُ عَمَّا يَفْعَلُ وَهُمْ يُسْأَلُونَ

“Dia (Allah) tidak ditanya tentang apa yang diperbuat-Nya, dan merekalah yang akan ditanyai”. QS. Al Anbiya’: 23.

Karena apa yang Allah perbuat maka itulah yang hak, itulah yang terbaik, dan itulah yang terkandung di dalamnya hikmah yang agung walaupun manusia belum memahaminya.

5. Adapun manusia maka terlarang bersumpah kepada selain Allah. Misalnya bersumpah “demi ka’bah” atau “demi Nabi Muhammad”, ini terlarang. Hal ini juga sering dijumpai dari lirik-lirik nyanyian, misalnya “demi waktu”, “demi cinta”…dll dan hal ini terlarang sebagaimana sabda Nabi -shallallahu’alaihi wa sallam-

مَنْ كَانَ حَالِفًا فَلْيَحْلِفْ بِاللهِ أَوْ لِيَصْمُتْ

“Barangsiapa yang bersumpah, maka bersumpahlah dengan nama Allah atau jika tidak maka diamlah”. (Muttafaq ‘alaihi)

6. Diantara hikmah mengapa Allah ta’ala bersumpah dengan beberapa makhluknya adalah dalam rangka menjelaskan keistimewaan makhluk tersebut. Manakala Allah bersumpah demi masa, artinya begitu istimewanya masa atau waktu tersebut. Dan terdapat pula sumpah-sumpah Allah kepada makhluk yang lain dalam al-Quran, misalnya “demi langit”,…”demi matahari”…”demi malam”….dan lainnya.

Iklan

One thought on “Video Ceramah: Tafsir Surat al-Ashr (2): Tafsir Ayat 1”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s