Surat Terbuka untuk Para Istri (3): Rumah Tangga adalah Amanah


Para istri yang mulia…

Di satu sisi rumah tangga adalah nikmat. Namun di sisi lain rumah tangga merupakan amanah dan tanggung jawab yang harus dipikul sebaik-baiknya. Karena hal itu akan dipertanggungjawabkan kelak di akhirat. Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam mengingatkan,


أَلَا كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، فَالْإِمَامُ الَّذِي عَلَى النَّاسِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ عَلَى أَهْلِ بَيْتِ زَوْجِهَا وَوَلَدِهِ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْهُمْ، وَعَبْدُ الرَّجُلِ رَاعٍ عَلَى مَالِ سَيِّدِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُ، أَلَا فَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ”.

“Ketahuilah, kalian semua adalah penanggungjawab dan seluruh kalian akan ditanya tentang tanggung jawabnya. Pemerintah merupakan penanggungjawab dan ia akan ditanya tentang rakyatnya. Seorang lelaki penanggungjawab atas keluarganya dan ia akan ditanya tentang mereka. Seorang wanita penanggungjawab atas anak-anak suaminya dan ia akan ditanya tentang mereka. Seorang budak penanggungjawab atas harta tuannya dan ia akan ditanya tentang itu. Ketahuilah, kalian semua adalah penanggungjawab dan seluruh kalian akan ditanya tentang tanggung jawabnya”. HR. Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma.

Marilah kita jaga amanah ini semaksimal mungkin, sebab orang yang memiliki karakteristik tersebut dijanjikan kelak akan mewarisi surga Firdaus. Sebagaimana dijelaskan Allah ta’ala dalam firman-Nya,


” وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ . وَالَّذِينَ هُمْ عَلَى صَلَوَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ . أُولَئِكَ هُمُ الْوَارِثُونَ . الَّذِينَ يَرِثُونَ الْفِرْدَوْسَ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ”.

Artinya: “Dan orang-orang yang memelihara amanat dan janjinya. Serta orang-orang yang menjaga shalatnya. Mereka itulah para pewaris. Yang akan mewarisi surga Firdaus, mereka kekal di dalamnya”.  QS. Al-Mu’minun: 8-11.

Sekecil apapun tugas dan tanggungjawab, bila disikapi dengan keluh kesah dan perasaan tidak ikhlas, niscaya akan terasa berat. Sebaliknya seberat apapun tugas dan tanggung jawab, bila dilakukan dengan penuh kerelaan dan keikhlasan akan terasa ringan. Wallahu ta’ala a’lam…

 

oleh Ust. Abdullah Zaen, MA

http://www.tunasilmu.com


[1]   Diringkas dari buku “Surat Terbuka untuk Para Istri” karya Ummu Ihsan dan Abu Ihsan, penerbit Pustaka Darul Ilmi, Bogor (hal. 23-26).

Iklan

One thought on “Surat Terbuka untuk Para Istri (3): Rumah Tangga adalah Amanah”

  1. INGIN MEMBERI MASUKAN KECIL KEPADA PAK USTAD, AGAR BERKENAN KIRANYA MENDAHULUKAN AYAT AYAT ALLAH (AL QUR’AN) BARU KEMUDIAN MENYUSUL HIKMAH RASUL. DEMIKIAN ITU ATURAN BAKU DARI ALLAH SENDIRI, SEBAGAIMANA TERMAKTUB DALAM AL BAQARAH 129: ALLAH MENDAHULUKAN AL QUR’AN KEMUDIAN MENYUSUL AL HIKMAH. BEGITU URUTANNYA DARI AL QUR’AN. OLEH KARENA ITU MARILAH KITA BER”SAMI’NA WA ATHO’NA” KEPADA ALLAH SAJA.

    BERIKUTNYA PERIHAL SHALAT BERJAMA’AH BAGI KAUM MUSL;IMAH, AGAR JUGA DISEBUTKAN/DITULISKAN JUGA, KARENA HAL ITU AMAT SANGAT PENTING DIKETAHUI OLEH KHAL;AYAK MUSLIMAH. MOHON PERHATIKAN AYAT NO. 43 SURAT ALI IMRAN – BERBUNYI SBB : ” HAI MARYAM (MUSLIMAH), TAATILAH TUHANMU, SUJUD DAN RUKU’LAH BERSAMA ORANG ORANG YANG RUKU’.

    TENTU SAJA PERINTAH SHALAT BERJAMA’AH INI TIDAK SEKERAS PERINTAH ALLAH PADA KAUM MUSLIM DALAM AL BAQARAH – JUGA NOMOR 43. TENTU SAJA DISEBABKAN OLEH HAL HAL YANG KHAS SEBAGAI IBU RUMAH TANGGA DAN ALASAN ALASAN LAINNYA. NAMUN AYAT INI PERLU DIKEDEPANKAN OLEH KITA KITA YANG TELAH BERPAHAM, AGAR KAUM MUSLIMAH LAIN IKUT PAHAM, DAN AGAR BERKENAN SHALAT BERJAMA’AH DISAAT YANG LAPANG.

    DEMIKIAN PENYAMPAIAN DARI SAYA, MUDAH2AN BERKENAN MENERIMA.
    ALLAH MENYAKSIKAN
    SALAM
    ALEXANDER IDRUS ZULKARNAIN
    BUKIT INDAH E4/6
    CIPUTAT 15414.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s