Cara Lezat Usir Jahat


Atasi kolesterol jahat berlebih dengan cara enak: minum jus jambu biji.

Khasiat jambu biji sebagai antikolesterol terbukti secara ilmiah
Khasiat jambu biji sebagai antikolesterol terbukti secara ilmiah

Kolesterol tinggi ternyata bukan hanya menjadi persoalan kesehatan pada zaman modern. Sejak zaman purba, gangguan kesehatan itu menjadi masalah. Ade H Allam dalam Journal of the American College of Cardiology memaparkan hasil riset bahwa penduduk Mesir yang hidup semasa Mentohotep I memerintah berkadar kolesterol tinggi. Mentohotep I ialah firaun atau raja Mesir yang memerintah pada 2055 SM. Kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) menjadi ancaman kesehatan serius.

“Peningkatan kadar LDL itu terjadi karena pengaruh gaya hidup tidak sehat,” ujar Wahyu Suprapto, herbalis di Kotamadya Batu, Jawa Timur. Data terbaru dari American Heart Associaton menyebutkan 98,8-juta penduduk Amerika Serikat berumur 20 tahun atau lebih memiliki total kolesterol darah 200 mg/dl atau lebih; normal di bawah 200 mg/dl. Banyak cara menurunkan kadar LDL, antara lain konsumsi obat dari dokter atau herbal.

Baik naik, jahat turun

Beragam herbal seperti daun jati belanda Guazuma ulmifolia, kelor Moringa oleifera, dan salam Syzygium polyanthum terbukti berkhasiat antikolesterol. Kini masyarakat memiliki pilihan lain untuk mengatasi kolesterol jahat, yakni konsumsi daging buah jambu biji Psidium guajava. Hasil riset teranyar Dra Tri Murini MSi Apt, Fikri Fernandes, Marda Ade S, dr Siti Muchayat Purnamaningsih MS SpPK (K), dr Totok Utoro D Med Sc SpDA (K) dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, mengungkap khasiat jambu biji sebagai antikolesterol.

Dalam riset itu Tri dan rekan menguji 30 tikus putih berumur 3-4 bulan dengan bobot rata-rata 200 g. Tri dan rekan membagi hewan uji dalam 5 kelompok masing-masing terdiri atas 6 ekor. Rattus norvegicus pada kelompok pertama menerima pakan standar hewan percobaan dan berperan sebagai kelompok kontrol. Tri dan rekan memberikan diet tinggi lemak pada kelompok 2. Kemudian kelompok 3 diberi diet tinggi lemak dan 3,6 mg simvastatin per kg bobot tubuh.

Simvastatin obat penurun kadar kolesterol yang banyak beredar di pasaran. Selain diberi diet tinggi lemak, Tri dan rekan memberikan 50 mg jus buah jambu biji per kg bobot tubuh pada kelompok 4. Adapun grup 5 diberi 100 mg jus buah jambu biji per kg bobot tubuh. Tri dan rekan mengukur kadar profil lipid satwa percobaan itu 3 kali, yaitu hari pertama praperlakuan, hari ke-30, dan hari ke-60. Tri menyuguhkan jus jambu biji setiap hari.

Konsumsi makanan kaya serat dan gizi kendalikan kadar kolesterol darah
Konsumsi makanan kaya serat dan gizi kendalikan kadar kolesterol darah

Hasil penelitian menunjukkan pemberian jus jambu biji merah berdosis 50 mg/kg bobot tubuh dalam 60 hari menurunkan 52,64% kadar kolesterol total dan 82,23% LDL. Itu sama baiknya dengan pemberian 3,6 mg simvastatin per kg bobot tubuh. Selain itu, pemberian jus jambu biji selama 2 bulan mendongkrak high density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik sebesar 39,79%.

Hasil riset Risa Agustina dan dr Edy Purwanto MSi Med SpPK dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta, sejalan dengan penelitian Tri Murini. Risa dan dr Edy menggunakan ekstrak etanol daging buah jambu biji merah untuk menguji efek antikolesterol. Dalam penelitian itu Risa menguji 25 tikus putih berumur 2-3 bulan yang terbagi menjadi 5 kelompok.

Hasil penelitian menunjukkan, kadar LDL kelompok 5 yang mengonsumsi 1.600 mg ekstrak jambu biji per kg bobot tubuh, turun signifikan. Kadar kolesterol LDL mereka menjadi 67,2 mg/dl; semula 151 mg/dl atau turun 44%. Sementara penurunan LDL pada kelompok kontrol positif-konsumsi 0,72 mg simvastatin per 200 gram bobot tubuh-mencapai 50%. Kadar LDL kelompok kontrol positif menjadi 72 mg/dl; sebelumnya 143 mg/dl.

Bermanfaat

Bagaimana duduk perkara jambu biji menurunkan kolesterol jahat? “Penelitian kami belum mengungkap kandungan dalam buah jambu biji dan mekanisme kerjanya. Oleh karena itu perlu dilakukan riset lanjutan,” ujar dr Edy. Meskipun begitu, Edy mengatakan buah anggota famili Myrtaceae itu mengandung vitamin C dan E, selenium, karotenoid, serta  flavonoid.

Aktivitas antioksidan flavonoid menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dengan menghambat oksidasi kolesterol LDL dan VLDL (very low density lipoprotein). Menurut Wahyu vitamin C menyeimbangkan kadar kolesterol darah. Berapa dosis konsumsi jus jambu biji yang pas? Riset Tri memaparkan dosis sekali konsumsi 50 mg/kg bobot tubuh tikus.

Bukti sahih jambu biji antikolesterol bukan hanya ada di dalam negeri. Prashant Kumar Rai, Shikha Mehta, dan Geeta Watal dari Departemen Kimia Universitas Allahabad, India, membuktikan ekstrak air jambu biji turunkan kadar kolesterol tikus dari 124,97 mg/dl menjadi 101,12 mg/dl.

Sejatinya kolesterol bermanfaat bagi tubuh. Menurut dr Asep Saepul Rahmat SpPD kolesterol diproduksi di hati, korteks adrenal, dan usus. Kolesterol bermanfaat untuk produksi hormon seks, vitamin D, fungsi otak, dan saraf. Manusia membutuhkan 1.100 miligram kolesterol per hari untuk memelihara dinding sel dan fungsi fisiologis lain. Sebanyak 25-40% dari jumlah itu berasal dari konsumsi makanan, selebihnya disintesis oleh tubuh.

Kolesterol terdiri atas 3 bagian, yaitu total kolesterol, HDL, dan LDL. HDL disebut kolesterol baik karena berperan mengangkut kolesterol dari pembuluh darah ke hati untuk dibuang sehingga penebalan dinding pembuluh darah dapat dicegah. Sementara LDL mengangkut kolesterol dari melalui pembuluh darah ke jaringan perifer. Kadar total kolesterol sebaiknya kurang dari 200 mg/dl.

hal-40-41-3_200_200

hal-40-41-8_200_200
Konsumsi makanan kaya serat dan gizi kendalikan kadar kolesterol darah

Pada kondisi sehat nilai HDL harus di atas 45 mg/dl dan LDL tidak lebih dari 150 mg/dl. Menurut Wahyu bila kondisi ideal itu tidak tercapai akan menimbulkan masalah kesehatan. Kolesterol LDL yang terakumulasi di dinding arteri, misalnya, membentuk plak sehingga dinding arteri kaku dan rongga pembuluh darah menyempit alias atherosklerosis. Salah satu faktor pemicu LDL tinggi ialah terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak. Salah satu cara mencegah kolesterol jahat adalah rajin mengonsumsi jus jambu biji. Itulah cara enak mengatasi kolesterol jahat. (Riefza Vebriansyah)

sumber: http://trubus-online.co.id/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s