Download mp3: Hikmah dalam Berdakwah


Oleh. Ust Abdullah Zain, Lc

Hikmah adalah tepat dalam perkataan, perbuatan dan keyakinan, serta meletakkan sesuatu pada tempatnya yang sesuai, dan hal itu tidak akan tercapai melainkan dengan membangunnya di atas pilar-pilarnya, dan pilar yang paling utama -selain bijaksana dan tidak tergesa-gesa- adalah ilmu yang dilandaskan di atas Al Qur’an dan hadits dengan pemahaman generasi terbaik umat ini dan para ulama yang setia meniti jalan mereka. Maka seseorang tidak akan bisa bersikap hikmah dalam berdakwah melainkan jika dia melandaskan sikap-sikapnya di atas dalil-dalil dari kitab dan sunnah serta pemahaman salafush shalih.

Kajian disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, Lc. hafidzahullahu yang menjelaskan empat belas contoh praktek hikmah dalam berdakwah. Sebelum mendownload kajian, kami sarankan Anda mendownload terlebih dahulu makalahnya di sini yang merupakan tulisan beliau sendiri. File01 berisikan contoh pertama, yaitu senantiasa berusaha untuk berakhlak mulia disamping berusaha untuk beraqidah dengan aqidah yang benar.

File02 berisikan lima contoh. Contoh kedua, yaitu senantiasa berusaha bermuka manis dan menebarkan salam juga menunaikan hak-hak kaum muslimin, termasuk mereka yang memiliki penyimpangan –jika tidak disyari’atkan padanya penerapan metode hajr-. Contoh ketiga, yaitu mengenal masyarakat yang akan kita dakwahi dan mempelajari medan dakwah yang akan kita arungi sebelum terjun ke dalamnya. Contoh keempat, yaitu bertahap dalam berdakwah dengan memulai dari yang paling penting yaitu tauhid, lalu melangkah kepada syari’at-syari’at Islam lainnya. Contoh kelima, yaitu hendaknya para da’i setelah menyampaikan dalil-dalil dari kitab dan sunnah, sebaiknya mereka berusaha memperbanyak nukilan perkataan ulama Ahlus Sunnah yang memiliki kedudukan di hati masyarakat umum, misalnya: Imam Syafi’i, Bukhari, Muslim dll, serta menghindari penyebutan nama Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Ibnul Qayyim dan Muhammad bin Abdul Wahhab di komunitas yang phobi dengan nama-nama tersebut. Contoh keenam, yaitu hendaknya kita berusaha untuk menyampaikan dakwah yang penuh berkah ini kepada umat serta beramar ma’ruf nahi mungkar dengan lemah lembut.

File03 berisikan lima contoh. Contoh ketujuh, yaitu berusaha memprioritaskan dan memperhatikan dakwah dan penarikan hati orang-orang yang memiliki kedudukan di masyarakat, entah itu yang diulamakan atau penguasa. Contoh kedelapan, yaitu memperhatikan dakwah generasi muda dan anak-anak kecil, tanpa mengesampingkan orang-orang yang sudah lanjut usia. Contoh kesembilan, yaitu menerapkan skala prioritas dalam mengingkari kemungkaran, dimulai dari yang paling berat lalu yang lebih ringan. Contoh kesepuluh, yaitu ketika membantah ahlul bid’ah, seharusnya kita menghiasi bantahan tersebut dengan ilmu dan dalil-dalil, sehingga umat merasa yakin akan benarnya hal yang disampaikan, serta merasa mantap ketika menerimanya. Contoh kesebelas, yaitu di saat mentahdzir (mengingatkan umat dari penyimpangan) ahlul bid’ah –baik mereka berbentuk kelompok maupun individu- seorang da’i ahlus sunnah tidak harus menyebutkan secara terang-terangan nama-nama kelompok dan individu tersebut, jika memang hal tersebut tidak dibutuhkan.

File04 berisi tiga contoh. Contoh kedua belas, yaitu ketika seorang da’i ahlus sunnah diundang untuk berdakwah di masjid ahlul bid’ah atau tempat mereka -dan hal tersebut tidak menimbulkan fitnah bagi masyarakat serta diharapkan menghasilkan maslahat- maka hendaknya dia memenuhi undangan tersebut dan memanfaatkan kesempatan itu sebaik-baiknya untuk menyampaikan al-haq dengan penuh hikmah, nasehat dan diskusi yang baik. Contoh ketiga belas, yaitu mengamalkan hal-hal yang biasa dikerjakan di masyarakat selama hal-hal itu masih diperbolehkan oleh agama, dengan tujuan untuk menarik hati masyarakat dan menjadikan mereka tidak phobi dengan dakwah kita, meskipun terkadang hal-hal tersebut tidak sesuai dengan yang lebih afdhal. Bahkan terkadang disyari’atkan untuk meninggalkan beberapa amalan yang hukumnya sunnah, untuk menghindari fitnah (keributan atau huru-hara) atau untuk menarik hati masyarakat. Contoh keempat belas, yaitu senantiasa berusaha untuk bersabar dan tidak tergesa-gesa untuk segera memetik buah dari dakwah yang sedang kita rintis.

File05 berisikan tanya jawab ustadz tentang permasalahan yang terkait dengan tema kajian. Hendaknya para ikhwah salafiyyin mempraktekkan hal-hal yang bermanfaat untuk menarik hati umat, selama hal-hal tersebut diperbolehkan syari’at, sebagaimana halnya jika perbuatan-perbuatan tersebut termasuk hal-hal yang disyariatkan dalam Islam. Semoga bermanfaat.

sumber: http://tanyajawab.wordpress.com/kajian/

Iklan

4 thoughts on “Download mp3: Hikmah dalam Berdakwah”

  1. akh..gimana caranya biar di blog kita bisa upload file audio? ajarin ana donk akh…hehe
    gimana kabar antum? blog antum makin bagus aja nich

    Admin:untuk upload bisa antum upload di web-web uploader seperti 4shared.com gratisan. atau klo yang mbayar ya juga banyak. yang paling mudah lagi antum copy paste aja dari website yang ada fasilitas download audionya ^_^. Alhamdulillah ana baik-baik aja.

  2. kaifa haluki ya akhi?
    akhi…ana mohon tolong dibahas juga ttg kitab addawa ad dawwa-nya ibnul qoyyim aljauziyyah…
    ana sangat berkesan ttg kitb tersebut…membuat ana takut dan berhati-hati dalam melangkah

    mohon disyarah penjelasan kitab tsb…ya

    Maramis:
    Alhamdulillah khoir….Semoga ada ustadz yang membahasnya dan insyaAllah di upload di sini

  3. Assalamu’alaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Alhamdulillah, Saya (ulun) bersyukur kepada Allah,serta ber
    terima kasih kepada kalian setelah ana membaca buku & mendengar file mp-3 nya dari penerbit Pustaka Muslim banyak
    sekali manfaat yg di dapat ; mengenai agungnya Tauhid, tingginya Akhlak seorang Muslim, Hikmah-nya dakwah Islam,
    serta yg lain-nya…………………
    Saya wasiatkan kepada seluruh penuntut ilmu dgn kerendahan hati saya untuk meluangkan waktu sejenak untuk membaca & mendengarkan kajian tersebut.
    Akhir kata saya do’akan Barokallohu Fiikum
    Wassalamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s