Rajin minum teh hijau hindarkan diri dari kanker Payudara.


images2.jpg
Sebagian besar orang mungkin telah mengetahui berbagai studi ilmiah perihal khasiat teh hijau untuk mengobati serangan penyakit kanker; seperti kanker payudara, pankreas, usus besar, dll, selain berbagai jenis penyakit degeneratif seperti; stroke, penyakit jantung, diabetes, hypertensi, mata katarak, gangguan alergi, penuaan dini, dll.
Perihal kajian studi terkini teh hijau sebagai ramuan chemopreventive yang berkhasiat melawan penyakit kanker payudara telah diulas pula dalam jurnal ilmiah peer-to-peer review on-line “F-1000-Biology” yang mengungkapkan suatu temuan baru; bahwa khasiat aktif teh hijau akan menjadi jauh lebih kuat untuk pengobatan penyakit kanker payudara apabila dikombinasikan dengan pemberian obat kanker : “tamofixen”.
Para peneliti melaksanakan beberapa eksperimen —baik secara in vitro maupun in vivo— yang hasilnya menunjukkan bahwa teh hijau benar-benar dapat menormalkan kembali pembentukan ER : estrogen receptor alpha maupun terganggunya segala proses metabolisme sel yang berketergantungan dengan ER tersebut.

Teh hijau mengandung amat banyak kandungan senyawa polifenol yang berperan aktif sebagai komponen antioksidan yang berkhasiat untuk memerangi zat radikal bebas yang merajalela mengganggu aktivitas metabolisme dalam pertumbuhan sel tubuh manusia yang tengah mengalami serangan penyakit seperti halnya pada penyakit kanker payudara. Senyawa polifenol adalah sangat ampuh guna menetralkan molekul radikal bebas yang setiap saat secara alami memang terbentuk dalam tubuh.
Dalam percobaan yang pernah dilakukan Fak Kedokteran Universitas Boston – AS akhir tahun yl. para peneliti memberikan air minum seduhan teh hijau kepada sekelompok tikus yang sedang menderita gangguan tumor payudara. Sekelompok tikus lainnya dengan kondisi berpenyakit yang sama hanya memperoleh air minum biasa. Hasilnya, tikus yang mendapat minum teh hijau memperoleh khasiat yang menyehatkan hingga berkurang keganasan tumornya dan benjolan tumor makin mengecil. Selain itu sel-sel tumor pada tikus yang meminum teh hijau kemudian tumbuh lebih lambat dan tidak lagi menyerang sel-sel yang sehat. Temuan dalam eksperimen klinis seperti ini semakin memperkuat anggapan bahwa minum teh hijau adalah sangat bermanfaat dan dapat melindungi payudara dari ancaman serangan penyakit tumor payudara.

Dalam daun teh hijau yang telah dikeringkan mengandung 40% polifenol. Para peneliti menganjurkan agar orang rajin minum teh hijau antara 3 – 5 cangkir per hari sebagai langkah pemeliharaan kesehatannya.
Sesungguhnya senyawa berjenis fenol dengan komponen berkhasiat antioksidan seperti yang terkandung pada seduhan teh hijau, terdapat pula pada beragam pilihan makanan santapan sehari-hari, a.l: olive oil, cokelat, dan sayuran hijau & buah-buahan segar, khususnya yang memiliki kandungan vitamin A, C, E dan beta-karotene tinggi.

Sumber: Iptek.Net.Id (ragam info web / Rizal AK.)

Iklan

5 thoughts on “Rajin minum teh hijau hindarkan diri dari kanker Payudara.”

  1. terimakasih infonya,saya baru tau kalau teh hijau bermanfaat juga untuk kangker..
    akan tetapi mengkonsumsi terlalu banyak apakah tidak membuat susah buang air besar?

  2. aq taunya teh hijau bagus buat anti oksidan, berarti bikin awet muda hehe, sama nurunin berat badan, makanya termasuk rajin konsumsi… tapi ternyata bisa menjauhkan penyakit kanker juga, bener2 mantep dah teh hijau…

    — visit http://m.rujakasik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s