Khasiat Sirsak (1/4): Daun Sirsak Lebih Kuat 10.000 Kali Daripada Kemoterapi


Daun Sirsak vs Kemoterapi (Ribuan Kali Lebih Kuat)

Mengobati Kanker Serviks

sumber: Trubus Online

‘Selamat ya, sudah hamil.’ Yanti Sumiati bertubi-tubi menerima ucapan itu dari rekan kerja, tetangga, dan saudara pada Mei 2010. Perutnya membesar. Banyak orang menerka ia hamil 5 bulan. Hati Yanti justru remuk‑redam. Sebab, bukan janin dalam kandungan, tetapi kanker serviks yang merenggut nyawa seorang perempuan setiap 4 menit.

Yanti Sumiati mengetahui kanker serviks itu ketika ia memeriksakan diri di sebuah klinik di Warungbuncit, Kotamadya Jakarta Selatan. Bagian bawah perut sakit, ‘Seperti ditusuk-tusuk, nyeri sekali,’ kata perempuan kelahiran Bogor, Jawa Barat, 20 Agustus 1978 itu. Rasa sakit menjalar ke kaki kiri. Kondisi itulah yang mendorong Yanti bergegas ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan, dr Slamet Zaeny SpOG, pada 6 Mei 2010.

Dokter yang memindai Yanti menggeleng-gelengkan kepala. ‘Lihat di monitor, kankernya sebesar kepala bayi,’ kata dr Slamet Zaeny SpOG seperti diulangi oleh Yanti. Kadar CA – indikator adanya sel kanker – 113,39 U/ml; normal, kurang dari 35 U/ml. Sambil berbaring, ia memandangi layar pemindai. Dokter menyarankan Yanti menjalani operasi. Namun, anak ke-3 dari 6 bersaudara itu memilih jalan lain. Sebab, sebelum pemeriksaan itu pada April 2008 ia menjalani operasi untuk mengatasi kista.

Namun, 2 tahun berselang ia terserang kanker serviks. Gejala munculnya kista sama persis dengan kanker serviks itu. Perempuan 32 tahun itu memilih pengobatan herbal. Ia mendatangi herbalis dan diberi 3 jenis herba dalam kapsul untuk sebulan. Sayang, Yanti yang membayar Rp9-juta tak mengetahui jenis tanaman obat yang ia konsumsi.

Batal operasi

Yanti disiplin mengonsumsi 3 kapsul herba itu 3 kali sehari. Namun, tanda-tanda kesembuhan tak kunjung muncul. Malahan perut kian membesar dan nafsu makan hilang. Warga Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Pasarminggu, Jakarta Selatan, itu juga mengalami insomnia dan merasa serbasalah: miring ke kiri sel kanker yang membesar ikut ke kiri, ke kanan, turut ke kanan. Keadaan itu menyebabkan Yanti memutuskan untuk menjalani operasi pada 10 Agustus 2010.

Sehari sebelumnya, ia menemui kedua orangtuanya di Ciampea, Kabupaten Bogor. Ketika itulah Yanti berjumpa dengan tetangganya, pendiri Pusat Studi Biofarmaka Institut Pertanian Bogor, Prof Dr Ervizal AM Zuhud MS. Zuhud mempunyai informasi tentang khasiat daun sirsak dari beberapa hasil penelitian di mancanegara. Guru besar Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor itu menyarankan agar Yanti mengonsumsi daun sirsak. Keesokan harinya, Yanti membatalkan operasi dan merebus 10 lembar daun sirsak segar dalam 3 gelas air hingga mendidih.

Setelah rebusan dingin, ia meminumnya. Frekuensi 3 kali sehari masing-masing segelas. Istri Fery Firmansyah itu juga menyantap daging buah sirsak sekali sehari. Ia memotong 4 bagian buah berukuran sedang, bobot 6 – 7 ons. Sepotong buah Annona muricata cukup untuk sehari. Pada 24 Agustus 2010, ia kaget bukan kepalang ketika mudah menarik risleting dan mengancingkan celana. Semula bukan hal gampang untuk mengenakan celana akibat perut yang kian membesar. Ia benar-benar baru sadar bahwa perut mengempis.

Pagi itu ia mencoba tidur, tetapi perutnya tanpa gelambir seperti sebelumnya. Ia miring ke kiri dan ke kanan beberapa kali, tetapi tak ada gumpalan dalam perut yang mengikuti gerakan seperti sebelumnya. ‘Saya menangis karena saking senangnya,’ kata perempuan yang menikah pada 2007 itu. Sembuh? Begitulah dugaan Yanti. Sebulan berselang ia menemui dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Hasil pemindaian menunjukkan tak ada lagi berjalan di serviks.

Menurut dokter sekaligus herbalis di Jakarta Timur, dr Willie Japaries MARS, hilangnya sel kanker dari serviks Yanti dapat melalui berbagai jalan seperti luruh bersama urine atau feses. Namun, menurut Yanti selama 14 hari konsumsi daun dan buah sirsak hingga perut mengempis, tak ada perubahan warna atau bentuk feses dan urine. Japaries mengatakan cara lain detoksifikasi adalah melalui keringat.

‘Pikiran saya lepas. Saya senang banget,’ katanya dengan wajah berbinar. Setelah perutnya mengempis, Yanti lahap setiap kali makan sehingga tubuh kian segar. Insomnia juga sirna sehingga kini ia bisa tidur nyenyak. Meski begitu hingga kini ia tetap mengonsumsi segelas rebusan daun sirsak sekali sehari.

10.000 kali

Perubahan kondisi perut yang semula seperti perempuan hamil lalu mengempis hanya dalam 2 pekan itu sangat cepat. Semula Zuhud memprediksi, perubahan itu baru tercapai setelah 3 bulan Yanti rutin mengonsumsi daun kerabat srikaya itu. Prediksi 90 hari itu berdasarkan informasi yang ia peroleh di internet.

Yanti Sumiati bukan satu-satunya yang merasakan khasiat daun anggota famili Annonaceae. Contoh lain, Sri Haryanto di Yogyakarta yang mengidap kanker prostat dan Yulisnawati (kanker payudara di Palembang, Sumatera Selatan).

Dokter juga menyarankan operasi pada Yulisnawati. Namun, ia lebih memilih mengonsumsi rebusan segelas daun sirsak 3 kali sehari. Dua bulan berselang, kondisi kesehatannya kian membaik. Yulisnawati belum mengecek ulang kondisi kanker. Pada kasus Haryanto, dokter tak menyarankan operasi karena usia pasien lanjut, 70 tahun. Haryanto yang juga herbalis itu mengonsumsi jus buah sirsak (baca: Sirsak Stop Kanker Prostat, halaman 18)

Selain ke-3 jenis kanker – serviks, payudara, dan prostat, daun sirsak juga terbukti secara ilmiah mengatasi antara lain kanker paru-paru, ginjal, pankreas, dan usus besar. Begitulah hasil riset peneliti di Sekolah Farmasi Purdue University, Indiana, Amerika Serikat, Jerry L McLaughlin. Peneliti yang memperoleh daun sirsak dari Garut, Jawa Barat, itu membuktikan bahwa daun Annona muricata manjur mengatasi 7 sel kanker. Daun sirsak yang selama ini terabaikan itu ternyata mujarab mengganyang sel kanker.

Ada apa di balik itu? Peneliti di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung, Prof Soelaksono Sastrodihardjo PhD yang meriset daun sirsak bersama Jerry L McLaughlin menemukan senyawa aktif acetogenins. Mereka melakukan uji praklinis dengan memanfaatkan beragam sel kanker seperti sel kanker paru-paru dan pankreas. ‘Tujuan penelitian, mengembangkan ilmu pengobatan untuk mengatasi kanker,’ kata doktor Biologi alumnus Champaign Urbane University, Amerika Serikat, itu.

Acetogenins menghambat ATP kanker

‘Acetogenins menghambat ATP (adenosina trifosfat, red). ATP sumber energi di dalam tubuh. Sel kanker membutuhkan banyak energi sehingga membutuhkan banyak ATP,’ kata Sastrodihardjo. Acetogenins masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria. Dampaknya produksi energi di dalam sel kanker pun berhenti dan akhirnya sel kanker mati. Hebatnya acetogenins sangat selektif, hanya menyerang sel kanker yang memiliki kelebihan ATP. Senyawa itu tak menyerang sel-sel lain yang normal di dalam tubuh. ‘Acetogenins mengganggu peredaran sel kanker dengan cara mengurangi jumlah ATP. Hal ini yang membuat senyawa dalam daun sirsak dianggap selektif dan hanya memilih sel kanker untuk diserang,’ kata Sastrodihardjo.

Bukan hanya selektif, acetogenins juga dahsyat! The Journal of Natural Product membeberkan riset Rieser MJ, Fang XP, dan McLaughlin, peneliti di AgrEvo Research Center, Carolina Utara, Amerika Serikat, bahwa daun sirsak membunuh sel-sel kanker usus besar hingga 10.000 kali lebih kuat dibanding adriamycin dan kemoterapi.

Adriamycin yang mempunyai nama generik doxorubicin merupakan obat untuk mengatasi berbagai jenis kanker seperti leukemia, kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker pankreas. Sedangkan kemoterapi merupakan cara pengobatan kanker dengan jalan memasukkan zat atau obat yang mempunyai khasiat membunuh sel kanker.

Menurut peneliti di Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gadjah Mada (CCRC–UGM), Nur Qumara Fitriyah, riset McLaughlin menunjukkan dengan dosis kecil saja, daun sirsak efektif memberangus sel kanker. Berdasarkan riset McLaughlin ED50 ekstrak kasar daun sirsak < 20 µg/ml, sedangkan ED50 senyawa murni cuma < 4 µg/ml. Artinya dengan dosis rebusan 10 – 15 daun sirsak masih aman dikonsumsi.

Tren sirsak

Menurut Ervizal AM Zuhud penelitian sirsak sempat ditutupi-tutupi selama 10 tahun karena ‘mengancam’ kelangsungan hidup kemoterapi dan industri kimia. Apalagi harga sirsak murah. Hasil penelitian itu, ‘Baru tersebar setelah keluarga dari seorang peneliti mengidap kanker dan mempublikasikan di dunia maya,’ kata kepala Bagian Konservasi dan Keanekaragaman Tanaman, Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, itu.

Berbagai lembaga riset di tanahair juga mulai menguak rahasia daun sirsak dan kerabatnya. Sekadar menyebut contoh, periset di Pusat Studi Biofarmaka IPB, Prof Dr Latifah K Darusman, hingga kini meriset komponen kimia yang dominan di daun sirsak. Sedangkan peneliti di Universitas Gadjah Mada, Prof Dr Sismindari, meriset khasiat biji dan daun srikaya yang kaya ribosome inactivating protein (RIP). ‘RIP mampu merusak sintesis protein pada sel yang sedang tumbuh sehingga mati,’ kata Sismindari.

Konsumsi daun sirsak bukan hanya untuk para pasien, tetapi juga baik bagi orang sehat. Menurut Ervizal AM Zuhud, kasiat daun sirsak bagi orang sehat, ‘Menambah kekebalan tubuh dan mencegah asam urat. Bagi pria, daun sirsak menambah jumlah dan memperkuat sperma.’ Di Indonesia kini para dokter dan herbalis meresepkan daun sirsak kepada para pasien. Ada yang meresepkan secara tunggal – hanya daun sirsak, tetapi ada pula yang meracik kombinasi daun sirsak dengan herbal lain seperti rimpang temuputih dan sambiloto. Mereka meresepkan daun sirsak antara lain untuk mengatasi beragam kanker.

Herbalis di Yogyakarta, Lina Mardiana meresepkan daun atau buah sirsak terutama sebagai pengganti kemoterapi pada pasien kanker. ‘Khasiat daun atau buah sirsak itu untuk mengeliminasi radikal bebas, mengeringkan sel kanker, menyembuhkan peradangan di dalam tubuh, dan terutama meningkatkan stamina pasien agar tubuh tidak lemah,’ kata Lina Mardiana. Para dokter dan herbalis seperti Valentina Indrajati di Bogor, Jawa Barat, memilih daun yang sedang – tak terlalu tua dan tak terlampau muda. Dari pucuk, kira-kira daun di baris ke-4 hingga ke-6.

Dari pucuk, kira-kira daun di baris ke-4 hingga ke-6.

Para herbalis meresepkan daun sirsak bukan melulu untuk mengatasi sel kanker. Herbalis di Gegerkalong, Kotamadya Bandung, Jawa Barat, H Sarah Kriswanty, misalnya, meresepkan daun sirsak untuk mengatasi bronkhitis dan kejang. Sedangkan Lina Mardiana meresepkan daun sirsak untuk pasien yang menderita peradangan, misalnya radang tenggorokan, usus, pencernaan, ambeien (baca: Sentosa Karena Graviola halaman 24).

Menurut dr Willie Japaries MARS yang juga meresepkan daun sirsak, daun Annona muricata bersifat netral sehingga sesuai untuk mengatasi beragam jenis kanker. Herbalis lain yang juga meresepkan daun sirsak antara lain dr Prapti Utami di Jakarta Selatan dan Maria Andjarwati (Kelapagading, Jakarta Utara. Para herbalis dan dokter itu sebagian besar meresepkan daun sirsak baru pada 2 – 4 tahun silam. Pada umumnya mereka tak meracik, tetapi pasien yang menyiapkan sendiri sejak pencarian daun hingga merebus.

Harap mafhum hingga saat ini di pasaran belum tersedia ekstraksi daun sirsak dalam kapsul seperti kapsul bermerek Graviola yang beredar di mancanegara. Oleh karena itu, mereka mempersiapkan sendiri. Pasien yang belum memiliki pohon biasanya membeli bibit sirsak. Dampaknya permintaan bibit juga meningkat. Produsen bibit buah-buahan di Pontianak, Kalimantan Barat, Simbul Haryadi mengatakan permintaan bibit sirsak pada September 2010 mencapai 400 bibit. Padahal, biasanya hanya 10 bibit per bulan. ‘Stok bibit di kebun sampai habis, sekarang saya sedang memperbanyak lagi,’ kata Haryadi.

Begitu juga permintaan di nurseri Tebuwulung milik Eddy Soesanto di Cijantung, Jakarta Timur, yang mencapai 600 – 700 bibit per bulan. Lonjakan permintaan signifikan itu terjadi dalam 4 bulan terakhir. Produsen bibit buah di Bogor, Jawa Barat, Syahril sama juga. Permintaan bibit durian belanda itu fantastis, sejak Agustus 2010 mencapai 3.000 – 5.000 tanaman per bulan; sebelumnya, 500 bibit per bulan. Harga bibit setinggi 40 – 50 cm di berbagai penangkar Rp20.000 – Rp30.000. Menurut para penangkar tingginya permintaan bibit sirsak berkaitan dengan pemanfaatan daun atau buah sebagai obat tradisional. Benar kata Yeni Sumarni yang juga mengonsumsi daun sirsak, ‘Obat kanker itu ternyata murah meriah, kita tak perlu mengeluarkan uang jutaan rupiah.’ (Sardi Duryatmo/Peliput: Endah Kurnia Wirawati, Lastioro Anmi Tambunan, & Tri Susanti)

Penawar Agar-agar

Agar-agar sebagai penawar

Pada hari pertama konsumsi rebusan daun sirsak, Yanti Sumiati tak merasakan perubahan berarti. Baru pada hari ke-2, ia berkeringat dingin. Bagian punggung panas sekali. Ia menggigil. Selain itu perut juga perih. ‘Rasanya saya ingin menyilet perut sendiri dan melihat bagian dalam ada apa sih?’ kata perempuan 32 tahun itu mengenang. Pada hari ke-3 konsumsi, kejadian itu terulang lagi. Punggungnya malah kian panas sehingga Yanti berendam diri di bak mandi untuk meredakannya.

Yulisnawati di Palembang, Sumatera Selatan, yang mengidap kanker payudara dan mengonsumsi daun sirsak mengalami hal sama. Ia merasakan panas dan nyeri di bagian payudara. Herbalis di Bogor, Jawa Barat, Valentina Indrajati (46 tahun), menemukan fakta serupa. Banyak pasiennya yang menghubungi Valentina pada hari ke-2 atau ke-3 pascakonsumsi daun sirsak. Mereka mengeluhkan panas dingin seperti keluhan Yanti. ‘Tapi tak semua pasien begitu, pada umumnya pasien-pasien kanker,’ kata herbalis yang meresepkan daun sirsak sejak 2006 itu. Pasien nonkanker tak menghadapi keluhan seperti itu.

Menurut pendiri Pusat Studi Biofarmaka Institut Pertanian Bogor, Prof Dr Ervizal AM Zuhud MS, tubuh panas dingin merupakan indikasi obat sedang bereaksi. Oleh karena itu ia menyarankan agar pasien meneruskan konsumsi daun sirsak. Pada hari ke-3 hingga kini, gejala seperti itu tak pernah muncul. Herbalis lain, Lina Mardiana juga mendapat laporan serupa dari para pasien. Untuk mengatasi hal itu, Mardiana menyarankan agar mereka merebus agar-agar hingga mendidih dan meminumnya ketika dingin. Panas dingin itu hanya berlangsung 2 hari. Pada hari-hari berikutnya pasien akan merasa nyaman. (Sardi Duryatmo)

sumber: Majalah Trubus Online

Komentar admin:

Subhanallah…Maka benarlah Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam, beliau memerintahkan untuk berobat dan berupaya mencari kesembuhan serta tidak berputus asa dari kesembuhan atas suatu penyakit. Perhatikan sabda Nabi shallallahu’alaihi wa sallam berikut:

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ, فَإِذَا أُصِيْبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ

“Setiap penyakit itu pasti ada obatnya. Oleh karena itu, barangsiapa yang tepat dalam melakukan pengobatan suatu penyakit, maka dengan izin Allah azza wa jalla dia akan sembuh” (HR. Muslim no.2204 dalam kitab as-Salaam)

Nabi juga pernah bersabda:

ماَ أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلاَّ أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً

“Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan Dia turunkan penyembuh untuknya” (HR. Bukhori)

Imam Ibnul Qayyim mengatakan: “Mengenai sabda Nabi shallallahu’alaihi wa sallam ‘setiap penyakit itu pasti ada obatnya’, sebagai upaya untuk memperkuat jiwa orang yang sakit sekaligus dokter yang menanganinya. Beliau memerintahkan untuk menyelidiki serta mencari obat tersebut. Sebab, orang yang sakit jika menyadari ada obat yang dapat menghilangkan penyakit yang dideritanya itu, maka hatinya akan menggantungkan harapan pada kesembuhan dan sirnalah keputusasaan. Hingga akhirnya terbuka baginya pintu harapan. Jika jiwanya kuat, maka akan bangkitlah pula semangat instingnya, dan itulah yang menjadi sebab bagi munculnya kekuatan jiwa hewani, nabati, dan alami. Jika jiwa telah menguat, maka menguat pula keseluruhan pula seluruh kekuatan yang menyangganya sehingga berhasil menundukkan dan mengusir penyakit. (Zaadul Ma’aad)

Dan yakinilah bahwa Allah-lah yang menjadi penyembuh, karena Allah azza wa jalla yang menetapkan obat tersebut, sebagaimana hadits di atas, Allah yang menurunkan sebuah penyakit sebagai ujian bagi manusia dan sekaligus menurunkan obatnya sebagai kasih sayang terhadap hamba-hambanya yang beriman. Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِيْنِ

“Dan apabila aku sakit, Dia-lah Yang menyembuhkanku” (QS. Asy-Syu’araa’: 80)

Semoga info ini bermanfaat bagi kaum muslimin

About these ads

116 comments on “Khasiat Sirsak (1/4): Daun Sirsak Lebih Kuat 10.000 Kali Daripada Kemoterapi

  1. Ping-balik: Buah Sirsak, Pembunuh Kanker | Another Sa'ad's Blog

  2. Masalah capsule Daun Sirsak
    Apa anda bisa bantu kami untuk mendapatkan alamat repeat alamat untuk membeli kapsul tsb didaerah Bogor, ini untuk adik saya yg sedang mendapat musibah tomor kerongkongan, soalnya sejauh saya mencari via internet belum terjumpai
    ( boleh juga kalau ada site nya sekalian )
    Terimakasih banyak atas bantuan anda, semoga Allah swt membalas kebaikan anda
    Wassalam Ton WSH dari Den Haag / Holland

  3. setuju,, insya allah dengan ijin allah penyakit apapun bisa sembuh, intinya ikhtiar, sabar, dan tawakkal… mari konsumsi daun sirsak dan jangan lupa informasikan jg kepada orang di sekitar kita…

  4. Asam urat saya sering kambuh terutama di bagian kaki bawah hingga telapak kaki. Biasanya saya mengkonsumsi obat. Saat ini saya mencoba meminum ekstrak daun sirsak dan Alhamdulillah gejalanya tidak terlalu parah (masih bisa jalan). Reaksi kesembuhan sepertinya agak lambat.Biasanya kalau asam urat sedang kambuh, saya tidak bisa jalan. Saya berharap daun sirsak yang saya konsumsi ini bisa menyembuhkan asam urat secara total (saya mencoba untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan kimia)

  5. bagaimana cara mengatasi rasa panas yang luar biasa setelah mengkomsumsi buah sirsak (bagi penderita kanker)? trima ksh, GBU.

    • bisa mencoba tips di atas (meminum rebusan agar-agar yang telah dingin), memperbanyak minum air putih, dan melakukan tepid water sponge.

    • smoga Alloh memberikan kesembuhan pd istri anda.
      baiknya anda membawa istri anda untuk konsultasi ke dokter mengenai kanker payudara beliau serta melakukan sejumlah pemeriksaan laboratorium.
      dan sejauh mana perkembangannya setelah mendapat terapi alternatif herbal ini.

      kondisi tubuh meriang, demam, dll, bisa disebabkan:

      –> hipermetabolisme yang terjadi karena aktivitas proliferasi sel-sel. semua cadangan energi tubuh dipergunakan oleh aktivitas sel-sel yang ganas, sehingga semakin lama cadangan lemak dalam jaringan adiposa semakin berkurang, akibatnya terkesan kurang, lemas, dan mudah lelah.

      –> peningkatan aktivitas seluler yang terjadi mengakibatkan peningkatan suhu inti, akibatnya tubuh menjalankan mekanisme pengaturan suhu sehingga terjadi demam.

      –> kemungkinan lain akibat terjadinya demam adalah adanya infeksi.

      anda bisa memberikan air rebusan agar-agar yang telah dingin, dan memperbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi dan menurunkan demam. serta dengan tepid water sponge (mengusap tubuh dengan waslap yang telah diperas)

      smoga bermanfa’at

      • maKSUD REBUSAN AGAR ITU SEPERTI APA,,,?? daun agar2 utuh… ato agar2 yg buat pusing.. kalo dingin kan jadi puding…..trus apakah dijamin efect sampingnya yg panass tersebut tidak berbahaya??

  6. Alhamdulillah, di daerah rumah saya msh byk pohon sirsak. Keluarga kami sendiri msh punya satu pohon di depan rumah. Cuma sampai sekarang belum tahu cara pengembangbiakannya selain dari biji. Mohon penjelasannya bagi yg lebih paham mengenai cara2nya. Terima kasih.

  7. Bagi saudara saudaraku yang butuh daun sirsak dateng aja ko LOMBOK-NTB disini banyak banget tumbuh liar pohon sirsak.

  8. Saya ucapkan trima kasih atas info tentang manfaat daun sirsak ini, dirumah banyak daun sirsak tp kami blm tau manfaatnya. Saya berniat akan membudidayakannya untuk tujuan membantu saudara saudaraku yang membutuhkan untuk kesembuhannya, amin…………..

  9. Allah SWT turunkan penyakit satu paket dengan obatnya,tapi saya mau tanya juga nihhhhh apa obat herbal yg bagus untuk penyakit sinusitis/polip hidung …trima kasihhhhhh wassalammmmmmm

  10. Alhamdullilah Allah SWT. ciptakan segalanya ada manfaat, kangker yg begitu ganas dan menakutkan musuhnya ada disekitar kita, patut kita syukuri nikmatnya di negeri yang sangat subur ini, mudah-mudahan penyakit di negeri ini selain kangker yang tidak kalah ganasnya saat ini yaitu korupsi para koruptor dapat diberantas, sehingga penghuni di negeri ini menjadi sehat jasmani dan rohani mulai dari para petinggi negri hingga masyarakat kelas teri, Insyaallah negri ini cepat maju !!!! terima kasih kepada para peneliti anak negeri yang telah berjasa hingga menemukan khasiat sang sirsak sebagai penyelamat bagi penderita kangker kami doa kan Mereka dapat menemukan sesuatu yang lain !

    • bisa dicoba jg: rimpang kunyit (ukuran 1 ibu jari) dicuci, diparut, diberi sedikit air, lalu diperas.
      Diminum 2 kali sehari, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

  11. Trimakasih banget atas info yang sangat bermanfaat ini. Semoga semakin banyak penderita dan masyarakat luas yg merasakan manfaatnya dan sehat kembali.

    Untuk itu perlu diumumkan secara nasional lebih gencar lagi untuk penanaman pohon sirsak secara besar-besaran. Syukur-syukur pemerintah membagikan bibit pohon sirsak kepada tiap penduduk.
    Selain biayanya murah dan bermanfaat bagi kesehatan juga sekaligus untuk mendorong gerakan penghijauan.

    • aamiin.
      alangkah lebih baiknya bila didukung dengan pemeriksaan medis rutin setelah pengobatan.
      karena ada beberapa studi yg menunjukkan perubahan pd saraf, seperti gejala parkinson. wallohu a’lam

  12. apakah boleh minum rebusan daun sirsak bila wanita tersebut belum menikah???terimakasih terlebih dahulu saya ucapkan atas info & balasannya…

  13. obat herbal untuk mengatasi maag…. kepala kunyit yg besar, diparut dan diperas airnya 1 gelas, rebus dengan sedikit kayu manis sampai menjadi 1 gelas. minum 1/3 nya setiap bangun tidur (perut dalam keadaan kosong, jam 12 siang dan sebelum tidur). Insya allah sembuh… (pengalaman pribadi)

  14. Ibu saya menderita kangker usus, sehingga diare tiap kali bab, dalam 1 hari lebih dari 7x. Setelah kosumsi daun sirsak, bab bisa 5 menit sekali, sampai ia letih karena harus sering ke toilet. Hari ke 2, beliau menjadi takut mengkonsumsinya. Harap info yang jelas tentang hal ini dan bagaimana cara mengatasinya. Terima kasih

  15. Ibu saya menderita kangker usus, sehingga diare tiap kali bab, dalam 1 hari lebih dari 7x. Setelah kosumsi daun sirsak, bab bisa 5 menit sekali, sampai ia letih karena harus sering ke toilet.. Harap info yang jelas tentang hal ini dan bagaimana cara mengatasinya. Terima kasih

  16. salam

    tante saya menderita myoma,,
    sekarang rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirsak. apakah akan menghilangkan myoma yang diderita tante saya dengan terus rutin mengkomsumsi air ini ??

  17. Makasih atas semua infonya,mdh2an membawa manfaat buat kita semua,usaha mencari obat bila kita sakit wajib hukumnya,ttg berhasil atau tdk biar Tuhan yg menentukan,Salam….”

  18. Assalamu’alaikum wR wB

    Alhamdulillah, adalah DR. Enos Tangke Arung, seorang dosen dan peneliti pada Laboratorium Kimia Hasil Hutan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman Samarinda bekerjasama dengan Systematic Forest Product Science Laboratary, Agricalture Faculty, Kyusu University, Fokuoka Japan dan Herbal Pharmaceutical Engineering Laboratory,Daegu Haany University, Daegu Kor-Sel , menemukan tumbuhan alami yang biasa tumbuh dipinggiran aliran sungai di Kalimantan Timur, biasa disebut dengan nama “Tahongai”. Tumbuhan “Tahongai” ( Kleinhovia Hospita ) ini diketahui mengandung senyawa aktif yg berfungsi sebagai zat anti oksidan dan dapat menghambat/mematikan sel kanker hati (hepatitis A/B). Penelitian beliau telah dimuat juga di jurnal kesehatan internasional.Sekarang “Tahongai” ini telah dibuat ekstrak berupa teh celup “TAHONGAI” dan juga ada produk teh celup “CANTIKAFARA” berbahan kombinasi ekstrak Tahongai, DAUN SIRSAK, kunyit putih yang bermanfaat untuk mencegah penyebaran kanker Serviks, payudara dan organ lain.
    .
    Info lebih lanjut dapat dilihat di: http://www.obatkanker-tumor.co.cc/ email: teh.tahongai@gmail.com
    Terimakasih NashirusSunnah, Semoga bermanfaat. Wassalam

  19. apakah daun sirsak ini juga bisa menyembuhkan penyakit diabetes… gimana takarannya.. apakah sama dgn yg liain..trus daunnya harus di keringkan dulu ato langsung direbus aja…berapa persentase pprg yg ,engalami efect samping…. apakah berbahaya…
    trus apakah bener bisa menyembuhkan.. dan bukannya menambah parah???krn diatas sy liat comment..yg mengkonsumsi justru tambah parah..thanks…

  20. sy baru 20 hari selesai operasi hernia,kemudian biji peler saya bengkak dokter bilang itu tumor testis…apakah ada efek konsumsi daun sirsak bg yg belum sebulan habis operasi hernia, karna sy tdk ingin operasi tumor testis,apakah daun sirsak dapat mengobati tumor testis

    • saya seorang ibu penderita mioma & kista, tetapi saya lagi menyusui, kalau saya mengkonsumsi rebusan daun sirsak apakah akan ada pengaruh terhadap asi saya & tidak ada efek samping bwt bayi saya yg baru berusia 3bln
      saya mohon penjelasannya….

      Terima kasih

  21. Bisakah sy minta nomer tlp atau email ibu yanti sumiati dan apakah boleh daun sirsak yg sdh kering berwarna coklat tua seperti daun salam kita gunakan.terimakasih

  22. saya sudah 4 bulan ini setiap malam merebus daun sirsak, tidak ada keluhan, cuman kata orang , bagus buat penjaga kesehatan aja, yang saya tanyakan, apakan ada perbedaan khasiat antara daun sirsak yang segar dengan yang dikeringkan?

  23. Alhamdulillah, pada saat saya dn istri membaca tulisan ini, kami sdh 2 hari mengkonsumsi daun sirsak. Dan gejala panas dingin juga dialami oleh istri saya. Semoga tumor payudara yg dialamix sejak tahun 1995 dapat sembuh. Dan kepada pemilik blog ini, kami ucapkan terima kasih.

  24. Kakak ipar saya menderita kanker usus.. sudah dioperasi dan dibuang usus yg terkena kanker.. tapi kankernya sudah menyebar ke organ lain.. dokter sudah angkat tangan.. dan malah menyarankan pengobatan dengan singkong karet (diambil perasan airnya) selain itu juga meminum rebusan daun sirsak sesuai anjuran.. alhamdulillah sekarang sudah sehat kembali (tapi belum cek up utk mengetahui perkembangan kankernya)

  25. kpd yth penulis artikel, saya ingin ikut2an tanya tapi stl sy baca komen lain banyak pertny yg blm terjawab pdh sangat perlu. Sy menderita luka disaluran kemih bukan diprostat. Suka keluar darah bila tertekan kantong biji pelernya. Derita ini dimulai th 2000 yaitu stl operasi prostat (pertama) krn tdk bisa b.a.k. Sejak itu sering kluar darah bila b.a.k. Kmd sy ke dokter lain (2003&2004) guna mnyembuhkan luka tsb, tapi oleh dokter dilakukan operasi prostat lagi dan tdk berhasil sembuh.Lalu 2011 kedokter lagi dan yg di cek kadar kanker-nya 24. Lalu saran dokter sy harus di oprs prostat lagi dg tujuan unt mlihat apk ada kanker di prostat, tp blum sy jalani.
    Tanya: APK SY BISA IKUT KONSUMSI DAUN SIRSAK dg tujuan AGAR LUKA TSB SEMBUH?
    Trima kasih atas perhatian penulis (siapa saja) yg berkenan menjawabnya.

  26. Sy suka berpikir, didunia ini hanya saya yg mengalami penyakit spt ini.
    Krn penyebabnya juga td prnh dialami org lain. Yaitu kira2 3ato4thn sblm oprs pertama batang kemaluan sy ditarik istri kebawah hingga bunyi KLEK. Kemungkinan dg sebab itu terjadi perapatan/penyempitan lalu di sebabkan lagi dg keluarnya madzi yg sangat lengket yg td lancar mengakibatkan dinding saluran lambat laun jadi merekat dan akhirnya td bisa b.a.k./kencing Kmd pd saat akan di oprs dipasang slang/kateter dg paksa hingga luka. Buktinya kateter tsb td berfungsi dg benar krn setiap ingin kencing terasa sakit sekali krn air kencingnya td bisa keluar krn slangnya td mncapai kekantong kencing. Sth dokter melihat kateter tsb ia katakan “kok sisa slang kateternya masih panjang”, lalu dimasukkan lagi oleh dokter, baru ketika kencing eenak dn lancar.
    Sy ceritakan hal ini dg maksud utk jadi pelajaran krn yg namanya hawa nafsu itri yg cemburu bisa saja berbuat ngawur, tapi sy td menyalahkan istri melainkan salah saya.
    Maaf jika membingungkan penulis krn mungkin kalimatnya td bisa dipahami,maklum namanya org bodoh.
    Trima kasih atas perhatiannya.

  27. Saya mau tanya;
    1.Apakah selama minum air rebusan daun sirsak masih tetap boleh makan spt biasa?
    2.Apakah rebusan daun sirsak bisa utk obat infeksi diluar maupun didalam tubuh semisal yg diderita oleh bambang murdafa?
    Syukron atas tanggapannya.

  28. bambang murdafa mengatakan bhw ia menderita anfeksi pada saluran kemihnya selama k.l. 10tahun. Mulai sejak selesai ops prostat pertama th2000 selalu berdarah ktk kencing. Th 2003&2004 ops lagi dg tujuan menyebuhkan infeksi tsb namun tdk berhasil hingga skrg masih berdarah bila bawah kemaluannya terkena tekanan. Berbagai obat mulai dari anti biotik dan macam2 herbal yg ditawarkan sdh dicoba. Dan skrg sdg mencoba daun sirsak ini.
    Mohon penjelasan, dan barangkali dari dokter2 yg berpengalaman ttg hal ini berkenen memberi info.
    Tolonglah krn dia sangat terganggu aktivitasnya (ibadah dll).
    Terma kasih perhatiannya semoga Allah memberikan rahmatNya kpd kita.
    Amin.

  29. Bagi yg membutuhkan kini hadir daun sirsak kemasan celup, dirancang khusus supaya mudah dan praktis, tdk perlu merebus, bisa langsung diminum… Tinggal seduh langsung minum… Praktis, tdk makan waktu… Berminat ? Hub sy… Terima kasih…..

  30. saya mau tanya pa sekarang anak saya lagi kena terserang kanker rahim. cuman kata dokter harus di gemo dulu soalnya anak saya selalu nengeluarkan darah jadi dokter engga sangup mengoprasi dokter bilang harus di gemo dulu selama tiga kali baru di operasi. dan dia ngakat rahim nya. nah saya mau tanya sebelum terlambat di operasi apakah dengan daun dan buah sirsak bisa. mengtasi kanker itu sendiri pa?mudah2 dengan daun dan buah sirsak bisa mematikan sel kanker anak saya . jadi tida usah di operasi. gimana pendapat bapa/ibu, terimakasih saya tunggu jawabanya en secepat nya kalo bisa. aslamualaikum

  31. anak sy(7th) sejak usia 3,5 th menderita nefrotik syndrom/ ginjal bocor apa bisa memakai terapi daun sirsat untuk menambah sistem imunnya, krn tiap thn terhitung bulan mei 2011 sudah kambuh yg ke 7 kalinya.. kami berharap dan berdoa agar tidak kambuh lagi?…mohon dijwb…

  32. Ping-balik: amaliatria | Makam Nenek & Pohon Annona | amaliatria

  33. saya ingin bertanya apakah rebusan daun sirsak dapat menyembuhkan amandel,apakah aman jg di konsumsi anak berumur 9 thn,trima kasih

  34. Fantastic…dg ulasan tersebut….sungguh menakjubkan…sangat2 perlu disebarkan karna berdampak pada kemaslahatan umat manusia….dan utk indonesia dg iklim tropis sangat cocok utk pengembangan tanaman sirsat…dan mengingat manfaat yg dikandung betul2 membantu bagi penderita kanker…lanjutkan!!!..

  35. saya sudah 2 tahun mengidap sakit pinggang ini terjadi pekerjaan saya hanya duduk 11 jam setiap hari sebagai opertor alat berat setiap pagi bangun tidur susah bangun karna pinggan saya sakit trus 2 bln ini muncul lagi keram di kaki kiri walau mau tidur juga demikian saya mohon bantuannya tkb

  36. Assalamu’alaikum,

    Tolong informasi…
    Saya baru lakukan CT Scan. Terlihat di sekitar muka bagian kanan (dalam tulang tengkorak) ada “massa” yang tumbuh menyebar dari hidung hingga ke arah pipi dan mata. Saat-saat tertentu hidung dan mata terasa nyeri cukup hebat dan bisa menimbulkan migren. Posisi bola mata kanan saat ini agak sedikit maju karena terdesak “massa” tersebut. Dokter belum berikan diagnosa akhir dan rencana tindakan medisnya, tapi dokter pengganti sempat informasikan “massa” itu seharusnya diangkat.

    Apakah rebusan daun sirsak juga bisa mengatasi polip, tumor atau sejenisnya?
    Atau adakah informasi/alternatif lain supaya bisa mengurangi nyeri dan mengurangi pertumbuhan “massa” atau bahkan insya Allah menghilangkannya?
    Atau bisa bantu berikan rekomendasi pengobatan alternatif yang aman dan syar’i?

    Terima kasih sebelumnya, semoga saya bisa segera peroleh solusi terbaik. Insya Allah & amin.

    Wassalamu’alaikum,
    Fitri

  37. klo untuk kista bagaimana cara membuat air rebusan daun sirsak ??? saya menderita kista menurut hasil usg dah 9 cm…mohon konfirm nya… terima kasih

  38. subhanallah, terimakasih infonya… setelah membaca info ini, saya jd merasa tenang.. semoga solusi ini dpt bermanfaat utk saya dan semuanya…

  39. saya punya penyakit diabetes saya mengkonsumsi rebusan daun sirsak tiap pagi khasiatnya memang terasa badan saya jadi segar yg jadi pertanyaan sy adalah apakah minumnya harus ditambah jadi tiga kali sehari

  40. saya febria. tingga di pekanbaru, saya ingin menanyakan apakah ibu menyusui boleh mengkonsumsi daun sirsak? saya mengidap kista bartolini, dulu sudah pernah dioperasi tahun 2007di labia mayora kiri, lalu muncul lagi di labia mayora kanan?

  41. met pg. . .mau tanya ni pak..sodara sy terkena kista ovarium dgn diameter 13 cm stlh membaca bahwa rebusan daun sersak katanya bs mengobati kanker akhirnya sodara saya mencoba minum rebusan daun sersak dgn resep yg ada. .dan yg jd prtanyaan setelah konsumsi daun sirsak kurang lbh 1,5 bln kista terasa di bawah dan anehnya sakit pd perut bagian bwh terasa smakin menjadi dan prlu di ketahui saat ini sedang menstruasi dl menstruasi pertama minum rebusan daun sirsak keluar darah yg mengumpal terus selama 6 hr..dan saat ini menstruasi berupa darah segar. . .apakah ini tanda2 membaik atau buruk?tindakan apa yg hrs di lakukan?mohon penjelasanya agar kluarga km terhindar dr penyakit ini mengingat biaya oprasi sangat tdk mungkin km lakukan krn keterbatasan biaya. . .

  42. Assalamualaikum..
    Saya wanita usia 35 tahun. Mempuanyai putri berusia dua bulan..saya masih memberikan ASI..Saya riwayat pernah operasi tumor payudara sbelah kiri 10 thn yg lalu. Pada saat ini yang saya rasakan ..payudara sebelah kiri saya sering sakit ..rasanya seperti tertusuk jarum..Yang ingin saya tanyakan..Amankah saya seorang ibu yang msh menyusui mengkonsumsi rebusan daun sirsak..

    Terima Kasih

  43. Mohon info kalau untuk kondisi sperma yang kurang sempurna krn vericocele dan sdh dioperasi ,berapa banyak diminum dan apa ada efek sampingnya

  44. Ibu saya mempunyai riwayat penyakit kanker payudara…Beliau meninggal karena kanker payudara ibu saya sudah memasuki stadium 4.
    yang saya ingin tanyakan apakah saya dapat mengkonsumsi rebusan daun sirsak setiap hari?..
    sbg upaya tindakan pencegahan penyakit kanker, krn mengingat kanker adalah penyakit degeneratif.
    mohon share infonya.
    terima kasih.

  45. setelah membaca semua, mulai awal sampai dengan seluruh komentar, saya koq tidak menemukan “sesuatu” gitu loh…… yang menyatakan bahwa paling tidak ada perubahan atau maanfaat/pengaruh dengan mengkonsumsi ekstrak daun sirsak terhadap kanker prostat :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s