Belajar Tajwid: Idzhar


Ikhwah fillah, sebagai seorang muslim sungguh sangat menyedihkan bagi kita jika tidak bisa membaca al-Quran dengan benar yaitu yang sesuai dengan tajwidnya, terlebih sebagai thollabul ilmi atau yang dianggap sebagai tokoh agama di daerahnya. Padahal Allah ta’ala berfirman: ” ….Dan bacalah al-Quran itu dengan tartil” (al-Muzzammil:4)

Yang dimaksud bacaan tartil adalah membaca sesuai dengan haknya, panjang-pendek, berhenti-terus, jelas-dengung, dan selainnya.

Berikut ini adalah dokumentasi pelajaran tajwid bab. Idzhar yang pernah disiarkan oleh radio rodja. Di dalamnya juga disertai contoh-contoh bacaan Idzhar dan beberapa kesalahan yang sering terjadi berkaitan dengan bacaan Idzhar. Dan diakhir pembahasan materi tersebut ada praktek membaca dari pendengar radio rodja membaca QS Al-Baqoroh ayat 44-50. Untuk lebih lanjutnya silahkan menyimak pelajaran tajwid dan bimbingan membaca al-Quran live di radio rodja via streaming disini setiap hari:

Ahad, pukul 20.00 Bimbingan Tilawati Al-Quran oleh Ust. Abu Usamah dan siaran ulangnya Selasa, pukul 13.00

Selasa, pukul 20.00 Bimbingan Qiroah dan Tajwid oleh Ust. Ali Subhana dan siaran ulangnya Sabtu pukul 13.00

Adapun untuk lebih memahami dan mempelajari bacaan al-Quran dengan tartil, maka kami menyarankan agar langsung belajar ke guru-guru tajwid yang ada di daerah Anda mengingat firman Allah azza wa jalla di atas (untuk lebih lengkap bagaimana dalil-dalil al-Quran, as-Sunnah, dan perkataan Ulama berkaitan dengan bacaan tartil simak kembali postingan kami disini).

Semoga bermanfaat…

Download Tajwid Idzhar

About these ads

4 comments on “Belajar Tajwid: Idzhar

  1. Akhi, apakah ada materi tajwid lainnya baik dalam bentuk audio maupun non-audio?

    Jika dalam bentuk audio silahkan search di 4shared.com dengan keyword: “Kajian Belajar Tajwid Al Qur’an”, itu adalah rekaman-rekaman pelajaran tilawah dan tajwid dari radio rodja. Semoga bermanfaat

  2. saya ingin belajar tajwid mhon bimbinganya

    Silahkan download….untuk belajar tajwid yg baik adalah belajar langsung ke guru. Jadi silahkan cari guru yg mengerti tentang membaca al-Quran dengan tajwid. Barokallahufik

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s