HUKUM TATTO DI TUBUH


images.jpg

Oleh
Lajnah Ad-Daimah Lil Buhuts Al-Ilmiah wal Ifta

Pertanyaan.
Lajnah Ad-Daimah Lil Buhuts Al-Ilmiah wal Ifta ditanya : “Apa hukum mentatto bagian tubuh, apakah keberadaan tato tersebut merupakan halangan baginya untuk melaksanakan ibadah haji?”

Jawaban.
Diharamkan mentatto bagian tubuh, berdasarkan hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya ia bersabda.

“Artinya : Dilaknat wanita yang menyambung rambut dan wanita yang meminta untuk disambungkan rambutnya, wanita yang mentato dan wanita yang meminta untuk di tatto”

Termasuk tatto yang dilakukan di pipi, bibir dan tubuh lainnya, dengan mengubah warnanya menjadi biru, hijau atau hitam.

Bertato tidak menjadikan halangan untuk melaksanakan ibadah haji.

HUKUM ORANG YANG TIDAK TAHU HARAMNYA TATTO

Peretanyaan.
Lajnah Ad-Daimah Lil Buhuts Al-Ilmiah wal Ifta ditanya : “Ibu saya berkata, bahwa di masa jahiliyah, sebelum tersebarnya ilmu, ia pernah menggambar lingkaran (membuat tahi lalat) di dagunya, tapi bukan tato yang sebenarnya. Namun ia melakukannya karena kebodohan dan tidak tahu apakah perbuatan tersebut haram atau halal. Saat ini kami ketahui bahwa orang yang meminta untuk di tato itu terlaknat. Mohon diberi pengertian, semoga Allah memberi anda kebaikan”.

Jawaban.
Diharamkan mentato diseluruh tubuh, baik tatto sempurna maupun yang tidak sempurna. Hendaknya ibumu membuang tato tersebut jika tidak membahayakan dan bertaubat serta istighfar atas apa yang telah diperbuatnya dahulu.


[Fatawa Lanjah Ad-Daimah, 5/198. Lihat, Zinatul Mar'ah, karya Syaikh Abdullah Al-Fauzan hal.103]

[Disalin dari kitab Al-Fatawa Al-Jami'ah Lil Maratil Muslimah, edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Tentang Wanita 3, Penyusun Amin bin Yahya Al-Wazan, Penerjemah Zaenal Abidin Syamsuddin, Penerbit Darul Haq]


HUKUM TATTO

Oleh
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin

Pertanyaan
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : Apa hukum tatto ? Bila perempuan ditatto waktu kecil, apakah dia menanggung beban dosa ? Saya mengharapkan penjelasan, semoga Allah membalas anda dengan kebaikan

Jawaban
Tatto termasuk hal terlarang, bahkan tergolong dosa besar. Sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan bahwa Allah melaknat pemberi dan peminta tatto. Bila ketika kecil anak perempuan di tatto dan ia tidak mampu menolak, maka ia tidak menanggung dosa, sebaliknya beban dosa dipikul oleh pelakunya. Sebab Allah tidak memberikan beban kepada seseorang kecuali sesuai dengan kadar kemampuannya, sedangkan anak tersebut tidak mampu berbuat. Sehingga perbuatan itu dipikul oleh pelakunya. Tetapi jika memungkinkan untuk dihilangkan tanpa menimbulkan bahaya bagi dirinya, maka sebaiknya dihilangkan. Semoga Allah memberi taufik.

[Syaikh Ibnu Utsaimin, Fatawa Manarul Islam 3/829]

[Disalin dari kitab Fatawa Ath-thiflul Muslim, edisi Indonesia 150 Fatwa Seputar Anak Muslim, Penyusun Yahya bin Sa’id Alu Syalwan, Penerjemah Ashim, Penerbit Griya Ilmu]

HUKUM MEMBUAT TATTO SEMENTARA ADALAH TIDAK BOLEH

Oleh
Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin

Pertanyaan
Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin ditanya : Dewasa ini muncul fenomena baru dalam hal mencelak mata dan menipiskan bibir dengan cara ditatto atau disuntik yang masanya berlangsung selama sekitar enam bulan atau setahun yang dimaksudkan sebagai pengganti celak yang biasa dan untuk menipiskan bibir. Bagaimana hukum perbuatan tersebut ?

Jawaban
Hal tersebut tidak boleh, karena dikategotikan sebagai tatto, dan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat wanita yang membuat dan yang dibuatkan tatto. Karena menipiskan bibir dan mencelak mata dengan cara tersebut yang kekuatannya berlangsung dalam jangka waktu selama sekitar enam bulan atau setahun, dan setelah masanya habis diperbaharui lagi demikian seterusnya adalah serupa dengan tatto yang diharamkan.

Sedangkan hukum asal celak dimaksudkan untuk mengobati mata yang warnanya sangat hitam atau sakit dengan menempelkan celak pada bulu mata dan pada kedua pelupuk mata, dalam kasus mata yang sakit atau dimaksudkan untuk memelihara mata dari penyakit, di mana hal itu terkadang menambah kecantikan serta menjadi hiasan bagi kaum wanita seperti layaknya perhiasan yang dibolehkan. Sedangkan menipiskan bibir dengan cara di tatto dalam jangka waktu tertentu, maka menurut hemat saya, hal itu tidak diperbolehkan, dan hendaklah kaum wanita muslimah menjauhkan diri dari hal-hal syubhat.

Hanya Allah Yang Maha Mengetahui. Shalawat dan salam semoga dicurahkan kepda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada keluarganya dan para sahabatnya.

[Disalin dari kitab Al-Fatawa Asy-Syar’iyyah Fi Al-Masa’il Al-Ashriyyah Min Fatawa Ulama Al-Balad Al-Haram, Edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Terkini, Penyusun Khalid Al-Juraisiy, Penerjemah Amir Hamzah, Penerbit Darul Haq]

About these ads

26 comments on “HUKUM TATTO DI TUBUH

  1. apa hukum tato/menggambar/rajah pada kulit???

    admin:
    Diharamkan mentatto bagian tubuh, berdasarkan hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya ia bersabda.

    “Dilaknat wanita yang menyambung rambut dan wanita yang meminta untuk disambungkan rambutnya, wanita yang mentato dan wanita yang meminta untuk di tatto” Riwayat Bukhori dan Muslim

  2. Saya jadi bingung,..
    sebenarnya tato itu hukumnya bagaimana? kalau dosa besar, kenapa boleh naik haji? terus kalau solat gimana?
    Selain surat An Nisa ada lagi yang dapat mengkukuhkan bahwa tato merupakan dosa besar dan haram..
    Tolong segera dijawab

    maramis: Hukum tatto seperti yang dijelaskan di atas…..dan yang dimaksud boleh naik haji adalah karena memang tidak ada larangan khusus yang menjadikan bertato itu dapat membatalkan haji atau menjadikan haji tidak sah….coba dilihat lagi apa syarat dan rukun haji. Tetapi bukan berarti hukum tato tersebut jadi batal begitu saja, melainkan hajinya tetap sah dengan dosa bertato yang harus ditanggungnya. Wallahua’alam

  3. Terus Kalau laki-laki hukum tatto bagaimana?

    Biaya menghapus tatto itu puluhan juta rupiah. Bahkan hampir sama dengan ONH, Bagaimana hukumnya kalau sudah bertaubat tapi tidak punya biaya untuk menghapusnya? jika ada lebih baik untuk naik haji. Bagaimana pendapat ini menurut penulis.

    maramis: Tato dilarang dalam agama Islam, bahkan termasuk salah satu dosa besar baik laki-laki atau perempuan baik di wajah maupun di badan. Dalam sebuah hadist Nabi shallahu’alaihi wa sallam pernah bersabdbahwa beliau melaknat orang yang mentato dan yang ditato (HR Bukhori dan Muslim), Adapun bagi yang terlanjur di tato, ia wajib menghilangkan bekas tatonya jika tidak memadhorotkan (membahayakannya) (lihat fatawa ibnu baz: 6/431). Apabila sulit dihilangkan dan sangat menyakitkan serta ia tidak mampu menahan beratnya rasa sakit ketika tato itu dihilangkan, maka cukup dengan bertaubat dan tidak harus dihilangkan karena ini termasuk udzur (lihat al-Muntaqo min fatawa al-Fauzan kar. Dr. Shalih al-Fauzan:75/4)

  4. @Admin..
    Assalammualaikum..

    Menurut Hadist Nabi, “Dilaknat wanita yang menyambung rambut dan wanita yang meminta untuk disambungkan rambutnya, wanita yang mentato dan wanita yang meminta untuk di tatto” Riwayat Bukhori dan Muslim..
    Wanita..
    Bagaimana Hukumnya Pada Pria.?
    Mohon Penjelasannya yang Lebih jelas lagi..

    Terimakasih..

    maramis: Wa’alaykumussalam…Alangkah baiknya jika kita mengembalikan sesuatu kepada Ahlinya yang dalam masalah ini adalah Ulama….berkenaan hadist-hadist tentang larangan Tato para Ulama menjelaskan bahwa ini hukumnya berlaku baik laki-laki atau perempuan. Al-Imam An-Nawawi rahimahullahu mengatakan yang berkenaan dengan tato: “…Kalau mungkin dihilangkan dengan pengobatan maka wajib dihilangkan. Jika tidak memungkinkan kecuali dengan melukainya di mana dengan itu khawatir berisiko kehilangan anggota badannya, atau kehilangan manfaat dari anggota badan itu, atau sesuatu yang parah terjadi pada anggota badan yang tampak itu, maka tidak wajib menghilangkannya. Dan jikalau bertaubat ia tidak berdosa. Tapi kalau ia tidak mengkhawatirkan sesuatu yang tersebut tadi atau sejenisnya maka ia harus menghilangkannya. Dan ia dianggap bermaksiat dengan menundanya. Sama saja dalam hal ini semua, baik laki-laki maupun wanita. (Syarh Shahih Muslim, 14/332. Dinukil pula ucapan ini dan disetujui dalam kitab ‘Aunul Ma’bud, 11/225, dan Nailul Authar, 6/228)

    Ibnu Hajar rahimahullahu mengatakan: “Membuat tato haram berdasarkan adanya laknat dalam hadits pada bab ini, … maka wajib menghilangkannya jika memungkinkan walaupun dengan melukainya. Kecuali jika takut binasa, (tertimpa) sesuatu, atau kehilangan manfaat dari anggota badannya maka boleh membiarkannya dan cukup dengan bertaubat untuk menggugurkan dosa. Dan dalam hal ini sama saja antara laki-laki dan wanita.(Fathul Bari,10/372)

  5. setelahsaya baca pemahaman2 diatas…saya tidak mendapat jawaban yg memuaskan..klo smua jawaban kyk gtu pastiorang awam seperti saya msh bertanya2..sebeanarnya inti knapa tatto bisa haram selain alasannya hadist apalagi? sedangkan agama islam adalah agama yg paling masuk akal..dan segala hukumnya bisa dpertanggungj jawabkan…jd pasti ada pengertian yg masuk akal selain dari hadist..mksh..tolong dksh jawabnya.

    maramis: mas Andi yang semoga selalu dirahmati oleh Allah, bahwa Islam adalah agama yang paling masuk akal adalah benar, tetapi kita meyakini bahwa dalam menetapkan suatu hukum dalam Islam adalah dengan al-Quran dan Hadits yang shahih dan inilah bentuk penghambaan kita kepada Allah azza wa jalla yaitu dengan mentaati segala perintah dan menghindari segala bentuk larangan, baik yang dilarang oleh Allah azza wa jalla dalam al-Quran atau Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam dalam haditsnya. Allah robbul ‘alamin berfirman:

    “(Hukum-hukum tersebut) itu adalah ketentuan-ketentuan dari Allah. Barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya kedalam syurga yang mengalir didalamnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah kemenangan yang besar.” (An-Nisaa: 13)

    Allah azza wa jalla juga berfirman tentang ciri-ciri orang beriman yaitu yang apabila diperintah mengatakan “Kami mendengar dan kami taat”:

    “Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat.” (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.” ” (Al-Baqarah: 285)

    Sehingga suatu ibadah itu kita lakukan atau suatu larangan kita tinggalkan dikarenakan ada dalilnya dari al-Quran dan as-Sunnah yang shahih, tanpa kita ketahui hikmahnya. Cukuplah bagi kita dalil yang shahih tersebut bagi kita sebagai pegangan. Adapun perkataan bahwa Islam adalah agama yang paling masuk akal adalah benar adanya….tetapi tidak semua dalam agama ini bisa kita logika dengan akal atau mungkin bisa saja tetapi entah suatu saat nanti. Misalnya tentang manfaat puasa dari segi medis yang akhir-akhir ini telah diketahui melalui penelitian-penelitian ilmiah, apakah pada zaman para sahabat dahulu menolak perintah puasa lantaran belum ada teknologi yang bisa mengingkap besarnya manfaatnya dari segi medis seperti sekarang ??

    Jangankan masalah agama…masalah dunia saja terkadang yang dahulu tidak masuk diakal…justru sekarang jadi kenyataan. Apakah dahulu orang pernah membayangkan dan masuk di akal mereka bahwa kita bisa melihat suatu peristiwa secara langsung di tempat yang jauh jaraknya (live di TV)?? mungkin juga dahulu orang menganggap tidak masuk akal orang bisa bicara langsung dengan kerabatnya yang berada di belahan bumi yang lain, tetapi kini terwujud dengan menggunakan Telepon, mobile phone, dsb.

    Kesimpulanya bahwa agama Islam itu sesuai dengan akal…hanya saja akal kita yang terkadang belum bisa menjangkaunya. Dan cukuplah dalil yang shahih-lah yang menjadi pedoman kita untuk mengerjakan ibadah dan menjauhi larangan sekalipun tidak bisa dijelaskan secara logika/ akal. Wallahua’lam.

  6. Lalu bagaimana dengan hukum membuat blog tattoo yang sekarang sedang marak? bagaimana juga hukum bagi yang memajang gambar orang bertato? mohon pencerahannya.

    maramis: Blog tatto itu maksudnya bagaimana mas ? baru denger ini saya. Adapun memajang gambar orang bertato dibolehkan asal foto yang dijadikan objek (yang bertato) juga halal artinya bukan laki-laki ataupun wanita yang menunjukkan aurotnya. Seperti dalam artikel diatas merupakan bagian dari contoh saja. Wallahua’lam

  7. mas kalo cowo yang pake tatto gmn?
    trus tattonya pake pacar / tatto hena hukumnya gmn boleh ga..? :D

    ndak boleh mas….klo tatto pake pacar…wallahua’lam, yang jelas yang demikian tidak ada tuntunannya….silahkan tanyakan ke yang lain.

    • hadist yang diutarakan di atas semuanya melarang untuk wanita, lalu dimanakan larangan untuk laki-laki???

      • Hukum mentato badan adalah harom berdasarkan hadits yang menjelaskan bahwa Rosululloh bersabda ;

        لَعَنَ الْوَاصِلَةَ وَالْمُسْتَوْصِلَةَ، وَالْوَاشِمَةَ وَالْمُسْتَوْشِمَةَ

        “Allah melaknat wanita penyambung rambut dan yang disambung rambutnya, wanita pembuat tato dan yang bertato.” (Shohih Muslim, no.2124)

        Meskipun hadits diatas hanya menyebutkan laknat Alloh bagi wanita yang bertato, namun keharoman bertato itu berlalu bagi laki-laki dan perempuan, baik wanita tersebut sudah bersuami atau belum menikah. Yang disebut dalam hadits tersebut hanya wanita, karena dahulu kebanyakan yang memakai tato adalah seorang wanita untuk menghias dirinya.

        Berdasarkan hadits diatas yang menjelaskan tentang laknak bagi orang yang bertato, sebagian ulama’ menyetakan bahwa mentato badan termasuk dosa besar. Imam Ibnu Hajar Al-Haitami setelah menjelaskan bahwa mentato badan termasuk dosa besar, beliau meriwayatkan dari Alqomah ;

        قَالَ عَبْدُ اللَّهِ: «لَعَنَ اللَّهُ الوَاشِمَاتِ وَالمُسْتَوْشِمَاتِ، وَالمُتَنَمِّصَاتِ، وَالمُتَفَلِّجَاتِ لِلْحُسْنِ، المُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللَّهِ تَعَالَى» مَالِي لاَ أَلْعَنُ مَنْ لَعَنَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَهُوَ فِي كِتَابِ اللَّهِ: وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ

        “Abdullah -rodhiyallohu ‘anhu- mengatakan: “Alloh Subhanahu wa Ta’ala melaknati perempuan-perempuan yg mentato dan yangg minta ditato, dan yang mencabut atau mencukur rambut dan yg mengikir gigi utk memperindah, Perempuan-perempuan yg mengubah ciptaan Allah Subhanahu wa Ta’ala.” Abdullah -rodhiyallohu ‘anhu- mengatakan: “Mengapa aku tdk melaknati orang yg dilaknati Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sementara hal itu juga ada dalam Kitabullah ; “Dan apa yang Rosul bawa untuk kalian maka terimalah.’ .” (Shohih Bukhori, no.5931 dan Shohih Muslim, no.2125)

        Berdasarkan hadits ini dan juga hadits-hadits lainnya ulama’ menyatakan bahwa illat (alasan) dari larangan mentato badan adalah karena hal tersebut merubah ciptaan Alloh (taghyiru kholqillah). Syeikh Ibnul Arobi menjelaskan : “Alloh telah menciptakan manusia dalam bentuk yang bagus, maka orang yang ingin merubah ciptaan Alloh dan menghilangkan hikmah dibalik penciptaanNya itu pantas untuk dijauhkan dan disingkirkan, karena ia telah melakukan sesuatu yang dilarang.

        Ringkasnya, hukum bertato bagi laki-laki maupun wanita, baik wanita yang sudah menikah atau belum itu hukumnya harom, bahkan termasuk dosa besar menurut sebagian ulama’ dengan alasan bahwa perbuatan tersebut merubah penciptaan Alloh. Wallohu a’lam. kan yang dulu cuman wanita yangdilarang memakai tato,,nah kan sekarang lelaki…trus apa beda nya laki2 dan perempuan kan sama manusia..

  8. saat ini saya masih berpendapat bahwa untuk menghilangkan tatto harus di ttto ulang dengan cairan tertentu, dan ini sangat menykitkan dan mengniaya diri sendiri. sehingga akan muncul dosa lagi karena menganiaya diri sendiri. Bagaimanakah bentuk taubat jika saya terlanjur bertatto sejak 12 tahun yang lalu.? apakah cara ini benar? 1. tidak memamerkan tatto dan berusaha menutupi dengan baju panjang, 2. tidk menambah tatto karena keinginan untuk menambah tatto itu sangat kuat. terimakasih mohon pendapat dan sarannya.

    • Yg pernah saya dengar dari keterangan seorang Ustadz, kl sdh terlanjur di tatto & berniat menghapusnya.. harus di pertimbangkan lagi akibatnya. Jika akibatnya akan lebih buruk (baik dari segi penampilan/kesehatan) maka tidak diwajibkan untuk menghapusnya (Kata Ustadz-nya lho..).
      Dan beliau berpesan, selama tinta yang digunakan BUKAN NAJIS, maka itu tidak mengurangi sah nya ibadah kita.. hanya itu yang saya tau berdasar keterangan dari sang Ustadz. Wallohu…
      Dan sesungguhnya Alloh maha mengampuni, maha pengasih lagi maha penyayang..

  9. saya pernah buat tatto temporer, hanya bertahan sekitar satu minggu, tatto tersebut dibuat dengan tinta, sehingga masih tembus air, apakah yang seperti itu juga dosa ?

    Hindari aja yang meragukan ya mas….insyaAllah lebih aman, lagipula kan tidak ada faidahnya pake tato2 segala.

    • Diharamkan mentato diseluruh tubuh, baik tatto sempurna maupun yang tidak sempurna. Hendaknya ibumu membuang tato tersebut jika tidak membahayakan dan bertaubat serta istighfar atas apa yang telah diperbuatnya dahulu.

      [Fatawa Lanjah Ad-Daimah, 5/198. Lihat, Zinatul Mar'ah, karya Syaikh Abdullah Al-Fauzan hal.103]

      [Disalin dari kitab Al-Fatawa Al-Jami'ah Lil Maratil Muslimah, edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Tentang lWanita 3 maupun laki2 itu sama saja, Penyusun Amin bin Yahya Al-Wazan, Penerjemah Zaenal Abidin Syamsuddin, Penerbit Darul Haq]

  10. Jadi….intinya…klo. Bwt laki2 itu tato haram kan? Semacam dosa besar seperti maaf zinah…ato membunuh org kyak afriani gt kan???
    Tapi sholat tetep sah kan? Gak ngaruh ke zakat bahkan naek haji kan?

    Yaudaa brarti tato2 aja…yg penting bertobat…ga pamer2 tato kyak cowok2 alay dan tdk berencana nambah tato…

    Akhirnya aq menemukan jawabannya….•*•ṁ̭̥̈̅̄ǎ̜̣̍ƙɑ̤̥̈̊ƾǃƕ•*•

  11. mungkin tato buat sekarng zaman sekarng ga ada masalh ,soalnya dari teknik mntatonya pun sudah berbeda ,ga kaya dulu yg harus di kuliti sebelum di beri cairan tinta .dan dari segi medis pun tinta nya pun sekarng sudah higienis makanya kenapa tato itu mahal harus mengeluarkan uang aga banyak .kalo buat di indonesia ,adanya larangan tato itu karena adanya intervensi dari rezim orba .dan mungkin kenapa sampai sekarng kenapa tato jadi kontroversi bnyak yg melarang dan mngharamkan tato ,karena kebanyakan orng ,di tato itu bukan hanya untuk kepuasan atau memperindah diri ,tapi berujung pada sikap ria ,ria itu sendiri kn perbuatan yg di benci Allah .dan dari segi estetika ,tato itu akan hilang ke indahannya ketika beranjak lansia .misal ,seorang kakek atau nenek berumur 70 tahun mempunyai tato ? ,kalo saya sendiri sih aga risih liatnya .yg jelas larangan tato cuman dogma yg udh basi .tx

  12. segala sesuatu yg di tetapkan dalam alqur’ an dan hadits adlah hukum yg harus kita taati, dan jangan coba2 merubahnya.. ibarat cabe – pedas, garam – asin, gula- manis. dan tk ada yg bisa mnggantikan…

  13. Ping-balik: Hukum TATO , Bagaimana Cara TOBATNYA, Dan Apa OBAT PENGHILANG TATO Yang Aman? | "Bisa Karena Terbiasa"

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s